foto kepala

Translate

Jumat, 30 Agustus 2013

Pak Polisi, Tilang Aku Dong!

Masih inget gak heboh Polgan (Polisi Ganteng) sampe Sherina rela berkicau "Pak Pol.. Tilang Aku dong" karena saking gantengnya polisi itu sampe Sherina rela ditilang. Kalau gw sih se ganteng apapun polisinya jelas gak rela kalau gw ditilang, karena berarti gw musti keluar duit, gw masih mahasiswa, belum punya penghasilan sendiri, kalau sampe gw ditilang, artinya mengurangi jatah makan gw.. So artinya disiplin dong, pake helm, spion  lengkap, no pol ada, dan jangan ngebut.

Hari itu... emang hari yg sial bagi gw, eh sorry gak ada hari yg sial, yg ada nasib sial, eh sorry lagi, gak ada nasib sial, adanya takdir kejam, ehhhh sorry lagi, entar gw di cekal kaya Desy Ratnasari gara2 bawain lagu "Takdir emang Kejam" yaaaahhh what ever lah, yg jelas hari gw saat itu kurang beruntung. Gw sama temen gw mau makan di Puncak Bogor, kita sewa motor ke Puncak, gw di bonceng. Kebetulan temen gw itu orang asing, nah sampe di pertigaan yg Ciawi itu, tepat di depan kantor polisi, ada mobil Kijang Hitam agak menyerong, membuat mobil yg dibelakangnya gak bisa melaju ke depan karena ketutupin dikit, so kebelakang ikutan macet. Nah temen gw itu gak sabaran banget, gw itu udah sering bilang yg namanya macet gak usah klakson-klakson kaya orang udik, cuma orang kampung aja nglaksong di waktu macet. Eh dia gak sabaran, karena takut keburu maghrib, kita ke Puncak mau buka puasa di salah satu retaurant favorite kita. Tapi gak sampe Puncaknya, deket Taman Safari dan Cimory Restaurant, yg jual susu itu.

Temen gw itu nglakson2 supaya mobil Kijang Hitam yg rada menyerong itu agak tau diri dan dengan rela hati meluruskan jalurnya biar gak ngalaingin kendaraan yg lain di belakangnya, tapi berhubung macet banget jadi itu kendaraan diem di tempat dengan kondisi menyerong. Melihat perilaku temen gw yg orang asing itu dan nglakson2 terus, bukannya Polisi nyamperin mobil hitam yg nyerong itu atau mengatur jalanan supaya gak macet, eh polisi itu malah nyamperin kita. Mungkin kalau temen gw itu pribumi, polisi juga gak peduli.


" Ada apa ini? kenapa ugal2an? ayo ikut saya"
"Itu pak mobil yg di depan nyerong"
"Ikut saya ke pinggir"
Akhirnya kita menepi, ngikutin aja maunya juragan, padahal yg nglakson2 bukan cuma kita doang, tapi yg di tangkep kita aja. Dan alasan yg gak masuk akal lagi pas si oknum Polisi itu bilang :

"Anda itu ugal2an itu akan membahayakan keselamatan orang lain"
"Ugal2an? kita tadi lagi diem Pak... ki.." gw coba menjelaskan tapi langsung di cut sama Polisi "Udah ikut saya masuk ke dalam"

Sebelum masuk ke dalam, dia calling temennya yg lain, "...%^$#@ tolong kesini, ini ada *&^%#$#..."

Di dalem

Duduk Polisi lain lebih muda. Sementara Polisi yg nilang itu keluar "Silahkan duduk, jadi anda melangggar peraturan ya, mana SIMnya?" tanya polisi.

temen gw gak ngerti, Polisi berkata lagi "Ur permit drive"

"Oh sorry Sir, i dont have it, sorry for that" yaaahhh mampus deh gw, jadilah kita ditilang, emang dari tadi juga ditilang, emang di ajak joged???


"Neng.. neng ini siapa? tolong jelasin ke mister ini bahwa kena pasal rangkap, dendanya juga rangkap, ugal2an itu kena pasal bla... bla.. bla... kena dendanya bla..bla..bla.. kalau gak punya SIM itu dendanya bla..bla..bla...ada 2 pilihan, pertama ikut pengadilan bayar 250 ribu dan motor ditahan, atau anda bisa titipkan uang yg 250 ribu kesini tanpa ikut sidang dan motornya bisa di bawa langsung oleh anda"

Terus gw jelasin ke temen gw, dia ngerti, temen gw bilang tititp aja uang dendanya di polisi.

Trus masuk Polisi tua yg pertama kali nilang kita. Dengan muka asem kaya raja disana dia menghardik :

"Ini.. ini kamu siapa? ada apa kamu sama dia? ngapain kamu sama dia? kawin kontrak atau apa...*&^%$"

Busyet dah nyerocos gak jelas, nanya yg bukan urusan dia, keluar dari koridor permasalahan. Gak ada sopan santunya main menghakimi orang dengan bacotnya yg asal bunyi, kawin kontrak?? lo kate gw rumah di kontrakin??? Lagian mau kawin kontrak kek, mau kawin nungging kek MASALAH BUAT LO????

cuma gw tau lah dg siapa gw berhadapan, udah kebaca isi otak dia gak lebih kopong dari kerupuk kulit atau tong sampah. Jadi males aja ngelayanin preman berseragam. Tetep aja kita kalah. Gw diem aja, gw gak ladenin Polisi tua itu, ngeliat gw gak menghargai banget, gw mending ngejelasin sama Polisi yg agak muda itu. Pas Polisi yg muda itu minta ID gw, ya gw kasih KTM, kebetulan kita berdua masing-masing cuma bawa KTM. Melihat KTM kita, Polisi muda itu yg tadinya sange banget langsung beda :

"Oh ini sama2 dari IPB toh, kuliah jurusan apa? oh pascasarjana" kata Polisi muda,
Eh si Polisi tua itu langsung nyamber " Jadi.. jadi ini kuliah di IPB, udah berapa taun kamu di IPB, bisa bahasa Indonesia dong, kenapa milihnya di IPB" Trus gak lama polisi tua itu keluar.

Polisi muda itu akhirnya mau diajak kerjasama, gak tau deh ini kerjasama bener atau engga. gak ngerti deh, yg jelas gak punya SIM itu salah, tapi tadi kita ditilang juga salah, lagi diem kok ditilang, dan di tuduh ugal2an. Mungkin mau langsung nanya punya SIM gak, gak enak, kesannya langsung nodong, karena pengalaman polisi, yg namanya warga negara asing jarang yg ngurus SIM Indonesia.

Setelah urusan kelar, KTM kita dibalikin, duit udah diterima, kita pun diijinkan pulang. kita melanjutkan perjalan ke Puncak. Kasian juga gw sama temen gw :

"Ada duit gak buat makan?" tanya gw ke temen gw
"Ada, tapi gak bisa pesen yg mahal2, kan uangnya udah kepake sebagian tadi di kantor polisi"
"Ya udah gak apa2, kamu gak apa2?" tanya gw lagi
"Its ok"

dan nasib sial bukan selesai sampai disini aja, setelah jauh2 dari Bogor ke Puncak, ternyata restaurant yg kita tuju udah tutup. Mungkin sudah diliburkan pegawainya karena dekat lebaran. Wal hasil kita makan di restorant tepat di depannya, masih buka.

Harganya memang tidak mengecewakan, lebih murah dari Restoran yg kita biasa makan disana, tapi rasa dan banyaknya jauh beda, di situ rasanya gak terlalu enak, dan cuma dikasih dikit dari pada restoran favorite kita. Tapi gak apa2 lah dari pada gak makan. Alhamdulillah kesampean juga buka puasa di Puncak.

*** Lain Hari

Sebulan kemudian, gw sama temen gw lagi stop di lampu merah pertigaan kebun raya, yg deket gereja dan bank mandiri itu. dari arah kanan menuju sukasari itu adalah jalur maju kendaraan, sedangkan arah gw dan arah berlawanan itu lagi lampu merah atau jalur stop, tiba2 angkot dari jalur kanan mendadak ngerem karena motor polisi yg seharusnya stop karena dia datang dari jalaur berlawanan yg lagi kena lampu merah, malah melaju cepat, sambil agak melotot ke sopir angkot yg gak salah apa2, oknum polisi itu menancap gas, menerobos lampu merah.

Pertanyaan : 2 kesalahan : nerobos lampu merah dan ugal2an, karena ngegas, membuat si angkot ngerem mendadak. Apakah 2 kesalahan ini berlaku untuk polisi? ataukah hanya untuk rakyat jelata seperti kita???
Kali ini sumpah jujur ge gak tau, mungkin saja itu dispensasi atau pengecualian bagi seorang polisi boleh nerobos lampu merah, dan ngegas (ngebut).

Begitu nikmatnya jadi polisi, temen SMA gw dulu yg sering bolos, terus maaf ya, otaknya agak bebal, mungkin bukan karena bodoh, tapi karena keseringan bolos, cuma doi punya body bagus, tinggi besar. Belum lama ketemu, gw surprise loh, dia jadi Polisi. Dia yg dulunya gak usah repot2 kaya kita2 yg belajar mati-matian sampe masalah absen itu diperhatikan banget, sampe sekarang belum jadi apa2, eh dia yg belajarnya nyantai, sering bolos, sering ulangan nilainya do re mi, eh jadi polisi, enak bener ya, apalagi dikasih kewenangan (kalau memang ada) untuk nerobos lampu merah. Lumayan kan tuh kalau lagi waktu mepet, dari pada nunggu di lampu merah, mending nerobos.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar