foto kepala

Translate

Sabtu, 19 Oktober 2013

FENOMENA "BULE"

Gw termasuk cewek yang hobby nonton gosip artis, urusan dosa entar aja dah, hahaha sarap ya gw. Maksud gw ngikutin berita artis itu hiburan tersendiri buat gw. Mereka itu kadang konyol, kadang innocent, kadang begitulah,,, mereka hadir di jagad raya ini cuma buat ngehibur, nah termasuk kehadirannya di gosip artis, cuma buat hiburan juga kalau menurut gw.

Baru semalem gw update info NIKITA MIEZARNI, Ni..kita mie ayam, ni kamu mie apa??? siapa sih NIKITA MIEZARNI?? temennya mie ayam, mie rebus dan sebangsa mie lainnya. Kabarnya dia dipersunting (inget loh bukan dipersinting) oleh bule. Nonton di youtube malah asikan baca comment2nya, ternyata suaminya itu asli Iraq apa Iran ya? gw lupa. Ada yang bilang "Yaaaaahhh ternyata bule Iraq, miskin dong". Hahahaha kebangetan lu bilang orang Iraq miskin, mereka punya minyak tauuu.

Gw sempet ngakak pas tau si doi asalnya dari Irak/Iran. Kenapa dipanggil bule??? Padahal mukanya udah kaya bule banget loh. European gitu. Hidung mancung, kulit putih, badan tinggi gede. Salah gak sih kalau doi kita panggil bule?

Merujuk ke definisi bahasa Indonesia, bule itu dirujuk dari kata bulai. Bulai bukannya makanan ya? Itu mah Gulai? iiiihhh aku di Bulai waktu sekolah. Itu mah Bully. Ayo kita ke Bulai Penelitian, eeehhh itu Balai. Ah dasar lo anak Bulai cemungud eaaaa... eh itu sih Alay. Udah.. udah.. serius dikit dong.

Bulai itu artinya orang punya kelainan kulit akibat kekurangan pigmen atau istilahnya albino. Namun seiring perjalanan waktu maka definisi bulai mengalami pergeseran makna. Orang Indonesia tidak lagi bermaksud memanggil orang kulit putih dengan maksud dia albino tapi maknanya menjadi general yaitu orang kulit putih (lebih terang dari kulit orang Indonesia). Jangan heran jika sebagian Ekspatriat (orang asing yg tinggal di Indonesia) mengganggap orang Indonesia itu rasis. Sebagian mereka akan merasa tersinggung bahkan terhina kalau kita panggil dia dengan kata "bule" karena dianggap melecehkan sebagai orang yg albino.

Padahal saya yakin seyakin yakinnya orang Indonesia tau bule itu adalah sebutan untuk orang asing berkulit putih yang kulitnya lebih terang dari orang Indonesia. Namun makin kesini makin bergeser artinya, semua orang asing dipanggi bule, sehingga orang Arab yang kulitnya putih pun dipanggil bule. Orang Jepang dan China yang kulitnya putih juga dipanggil bule, padahal panggilan bule sebenarnya mengarah kepada orang kulit putih yang umumnya berasal dari Eropa (caucasoid).

Buat saya pribadi lucu aja kalau ada orang Pakistan berkulit putih atau Iraq, Iran dan di luar bangsa Eropa dipanggil bule, saya akan dengan tegas mengatakan mereka bukan bule, karena paradigma yang sudah tertanam di otak saya bahwa bule itu hanya orang berkulit putih yang umumnya dari Eropa bukan China, Jepang apalagi Arab dan Pakistan.

Jadi kita jangan kaget kalau ada orang Eropa marah dipanggil bule, karena paradigma mereka bule itu adalah orang albino, dan mengatakan terang-terangan bahwa mereka bule (baca : albino) itu adalah tindakan tidak sopan dan sangat rasis (menurut sebagian mereka).

Namun ada juga bule yang bangga dipanggil bule. Mereka bangga aja karena tau orang Indonesia memanggil bule bagi mereka yang kulitnya berwarna putih terang, dan mereka bangga dibilang orang putih berkulit terang (bule). Beberapa kali saya mendapati kebanggaan mereka di panggil bule yang tercermin dari profile mereka di sebuah situs dating online. Sebut saja Matt, dia menulis di head profilenya "Bule Australia cari cewek Indonesia". Atau John yang menulis "saya bule miskin" atau Andrew  menulis "Bule ganteng looking for love". Para bule yang sudah lama tinggal di Indonesia akan berbesar hati dipanggil bule, mereka mengerti orang Indonesia tidak bermaksud rasis atau mengatai mereka albino, sebut saja namanya Thomas mengatakan "Jangan khawatir di panggil "bule kampung" tidak perlu marah, tapi jika dipanggil "bule kepet" itu hal lain" hahahaha bule kepet, apaan tuh artinya???

Sama hal-nya dengan panggilan Mister bagi pria berdarah asing. Kebanyakan orang Indonesia akan memanggil sebutan "Mister" kepada laki-laki berkebangsaan asing. Baru tadi malam seseorang dari German menanyakan ini kepada saya, "Mengapa kebanyakan orang Indonesia memanggil saya Mister? padahal sekalipun ke Boss saya tidak pernah memanggilnya Mister, kami disini menggunakan panggilan Mister hanya untuk colega bisnis yang sangat di hormati atau berkedudukan tinggi dan umumnya dari luar negara kami". Saya hanya tertawa mendengar pertanyaan itu. Saya jelaskan pada dia bahwa kebanyakan  orang Indonesia akan memanggil Mister kepada semua laki-laki asing, entah itu dari India, Afrika atau Eropa. Bahkan gila-nya lagi bagi mereka yang tidak mengerti akan memanggil wanita asing dengan sebutan Mister juga hahahahahahaahahha, jungkir balik sambil nungging.

Juga sama hal-nya ketika saya mengatakan Negro untuk orang Afrika berkulit gelap. Seorang teman saya yang kebetulan berkebangsaan asing menegur saya karena kata "Negro" amat tidak sopan disebutkan. Mereka (Orang Afrika) akan sangat marah bila dipanggil Negro. Padahal yang kita tau disini (Indonesia) biasa menyebutkan negro bagi orang berkulit hitam tanpa maksdu mengejek atau rasis. Orang Indonesia terbiasa sekali rupanya memanggil sesuatu yang terlihat secara fisiknya. Misalnya, "Eh aku beli ini dari si China yang matanya sipit itu" sehingga orang bermata sipit (meski bukan China) akan dipanggil China.

Jadi intinya tidak ada yang salah dengan panggilan bule untuk orang-orang berkulit putih terang. Sama sekali tidak bermaksud menghina atau mengatakan albino. Namun menurut saya kata bule itu sendiri tidak tepat di sematkan kepada orang Arab, Pakistan, atau di luar bangsa Eropa, karena bule ini khusus untuk mereka yang berasal dari ras Caucasoid yang umumnya berciri-ciri : berkulit putih terang, hidung mancung, berbadan tinggi yang umumnya orang Eropa, karena istilah Caucasoid ini sendiri diambil dari nama Pegunungan Kaukasus di pinggiran tenggara Eropa antara Laut Hitam dan Kaspia. Wilayah ini pernah dianggap sebagai tanah air Indo-Eropa. So aneh aja menurut saya kalau ada orang Iran, Iraq, Pakistan, Arab, Jepang apalagi China dipanggil bule hanya karena kulit mereka yang terang.

Seorang Pakistan yang saya kenal di kampus begitu bangga mengaku dirinya bule, langsung saja saya bilang "Kamu bukan bule, bule itu untuk orang Eropa yang umumnya badannya tinggi, kamu kan pendek" Lohh??? ini sih penghinaan hahahahaha. Ampuuuuunnn DJ!!!! OK deh apapun itu yang jelas kita sudah tau arti kata bule asalnya dari bulai yang dalam kamus basa Indonesia itu adalah albino, tapi pastinya dong kita gak maksud ke sana kan????

15 komentar:

  1. Hahaha... Sumpah baru tau sis,, btw artikelnya bagus, ga boring bacanya. Wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering-sering mampir ya, stay tune disini, akan ada banyak cerita gokil yang akan aku share. mudah2an gak bosen ya :)

      Hapus
  2. Terima Kasih Commentnya sudah ditampilkan
    Maaf ya sebelumnya Cuma mau koreksi sedikit pernyataan tentang bule yang identik dengan caucasoid, kok kayaknya kamu sensi banget ya kalo orang timur tengah dikatakan bule, padahal faktanya kamu yang gak ngerti tentang ilmu antroplog dan asal mula penggunaan kata caucasoid yang kamu tujukan hanya pada orang eropa,
    Ini kalau ada orang ahli antroplogi dan geografi baca postingan kamu ini bakal ngakak dia bacanya :D
    kamu bisa english gak ??? Baca secara singkat di wikipedia biar tahu mana saja yang disebut ras caucasoid itu https://en.wikipedia.org/wiki/Caucasian_race
    juga untuk pengertian kata bule memang benar bule adalah plesetan dari kata albino dan ditujukan untuk orang eropa yang punya albino itu jaman dulu, Coba baca wikipedia versi english makna bule https://en.wikipedia.org/wiki/bule

    BalasHapus
  3. tapi zaman sekarang memang maknanya uda bergeser, tapi jika kamu datang ke afrika utara
    apa yang ada dibenak kamu jika mendengar kata afrika ?? pasti dibenak kamu negro hitam keriting dan panas seperti gurun.
    Seandainya kalo pernah tour ke afrika utara kamu bakal nemu orang afrika wajahnya putih matanya biru kadang ada yang hijau atau cokelat yang tentu kamu akan heran karena mereka juga berambut pirang dan bertubuh besar dan tinggi, yang lebih mengagetkan lagi jika kamu aku beritahu kalo mereka ternyata asli ras arab yg berimigrasi ke afrika utara sejak jaman ke khalifahan nabi muhammad saw.
    Bahkan jika kamu datang langsung ke Suriah (timur tengah) sebuah yg sekarang dilanda perang, kamu perhatikan orang orang suriah, 90 % orang suriah itu berambut pirang dan bermata biru dan bertubuh tinggi berkulit putih layaknya albino pula, coba googling dengan keyword "syrian kids" karena jika kamu googling dengan keyword "syrian people" gak akan kamu dapat karena para wanita suriah berjilbab jadi mereka tidak menampakkan rambut mereka yg pirang,

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. atau kalau sering ngikutin berita internasional di tv pasti kamu tahu palestine (timur tengah) yg sekarang negara tersebut dirampas oleh israel, dan coba perhatikan secara seksama orang israel dan palestine mungkin saja kamu kaget akan paras mereka karena mereka bak orang eropa
    gak usah jauh jauh juga, lihat saja tampang mark zuckerberg si pembuat dan pendiri jejaring sosial nomer 1 didunia yaitu facebook
    si mark ini dibesarkan sebagai seorang yahudi (bani israel) yang notabennya dia asli seorang yahudi (baca:israel)
    Ada lagi selain mark, ada juga isaac newton, albert einsten, dan masih banyak lagi tampang bule yang kamu gak akan mengira kalau dia sebenarnya asli yahudi (bani israel:salah satu ras di timur tengah)
    Coba lihat gambar ini : http://musmus.me/wp-content/uploads/2015/07/orang-yahudi.jpg
    dan jika orang eropa, orang israel, orang palestine, bahkan orang afrika utara dipajang dihadapan kamu, kamu bakal bingung yang mana yang disebut albino atau bule. Dan kebanyakan masyarakat kita indonesia kurang mengerti sejarah dunia,

    BalasHapus
  6. jika kamu datang ke wilayah afrika utara seperti negara maroko atau algeria yg kamu temui ada beberapa musim sama dengan musim eropa, ada musim salju, musim panas, musim gugur, musim semi, dan lebih membuat kamu kaget lagi, coba kamu jalan jalan touring ke timur tengah seperti lebanon, jordan, palestine, suriah, dan turki, dan lainnya kecuali negara arab teluk (saudi, yaman, oman, bahrain, kuwait, qatar). Pasti kamu akan dapatkan musim salju disana, dan jika kamu tahu di timur tengah gak semuanya berkulit gelap, kulit putih asli dan rambut pirang asli bukan hanya milik bangsa eropa aja tapi seluruh hampir 70% ras caucasoid mempunyainya bahkan orang afganistan negara yang hancur akibat perang itu banyak orang orang berparas serupa dengan eropa, karena sejatinya bangsa eropa dan orang timur tengah satu ras.
    maaf komennya terlalu panjang ya :D sekedar masukan sering sering bacabaca buku geografi dan antroplogi biar mengerti sejarah asal usul caucasoid atau kalo males beli buku bisa googling banyak yang naruh subject artikel tentang pengetahuan antropologi geografi .
    terima kasih semoga bisa menambah ilmu

    BalasHapus
  7. Bener bener DEas , Mongolia emang slalu iri fisik sama kaukasian, Mongols nguk nguk primitif muka lebar hidung pesek sama Cina Indo Jepang Melayu Mongol ngol ngol. Mending mata tajam trus indah kaya Arab trus mending biru indah kaya bule? Kgak kan ... Iyalah kan mongol ( hidup Arya kelas kaukasoid ) kashmir .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu nyampah! FYI bule cowok itu suka loh sama cewek asian yg mongol. mereka bosen sama kaukasoid.

      Hapus
  8. jadi kalau bule identik dengan caucasoid itu salah besar jika mengatakan hanya eropa yang bule karena Ras caucasoid itu tidak mencakup hanya eropa, tetapi terbentang jauh dari kanan di mulai dari afganistan sampai ke kiri afrika utara. Nah tak heran kalau india, pakistan dan iran juga termasuk ras caucasoid.
    buka link ini :

    https://en.wikipedia.org/wiki/Caucasian_race#/media/File:Carleton_Coon_races_after_Pleistocene.PNG

    yang warna hijau itu ras caucasoid,
    saya browsing di google dengan keyword "kashmir peoples" yang muncul tak jauh beda dengan ras ras caucasoid yang ada di afganistan, Maaf saya juga ga ada maksud untuk sombong, ini foto seorang sepupu saya di afrika utara yang dulunya pernah bermukim di Kuwait coba buka foto facebooknya :

    https://www.facebook.com/salaheddine.sari

    hanya sekedar kasih tau, biar gak heran kalau lihat tampang model seperti ini, beliau ini asli afrika utara loh yg asli nya adalah ras arab. Tetapi beliau seperti albino. yang mungkin jika orang ini saya ajak datang ke indonesia, maka orang orang sini akan sebut 'bule" bule " oh bule " hahahhaha. Itu mulai dari kakeknya om nya tante nya semuanya model tampangnya bule tapi yang bikin tercengang adalah mereka ras arab bahkan nama mereka pun nama arab semua ( najat, ahmed, saleh, rashid )
    tapi jangan heran spanyol dan afrika utara adalah saudara dekat spanyol, invasi ini terjadi ketika jaman ke khalifahan turki ustmani,
    bahkan jika kamu sekalian pernah tour ke afrika utara ada sebuah kota wilayah spanyol yang berada di afrika utara bernama ceuta dan Melilla, dan secara tidak langsung bagian afrika utara ada yang menjadi bagian eropa.
    Semoga bisa menambah ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir dan makasih atas masukannya. maaf baru respon karena baru buka blog lagi

      Hapus
  9. Nguk nguk Mongol uba uba pesek muka lebar cembung nguk nguk iri nguk ga terima nguk dengki nguk sipit atau mata semblek nguk nguk rusuh uba Mongol ngol ngol ngol ............. Nguks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau orang kaukasoid, mongoloid, african... semua kalau mati cuma jadi tengkorak. udah ah gak usah sombong. manusia yg terbaik bukan dari parasnya, tapi dari kelakuannya (attitude)

      Hapus
  10. Ehm Fahri Albar vs Vino Tamara blezynski vs dian Sastro .... Kaukasian vs mongoloid hahaha idup ras mancuuuung vs ras peseeek , Korea ama Jepang banyak operasi ama obat buat mancung pengen kaya kaukasian hahaha nguuuuuuks uba uba .. AL ghazali vs barel bra masya ( klas kaukasian Yahudi vs Mongol sejati uba uba ( Yesus Yahudi tapi kayak bule ... Nguk Mongol ... Semoga ya Tuhan anal gw nanti ga kayak Mongol semoga ikutin nenek moyangnya dari ras timur tengah ras semith ( kaukasian Mediterania ) amin

    BalasHapus
  11. iraq kok bisa bule
    tolol

    BalasHapus