foto kepala

Translate

Minggu, 14 April 2013

Kala Mentari Masih Tersenyum


Hari ini hari pertama gw nyanyi di cafe. Sebuah cafe bertemakan anak muda di daerah taman kencana, Bogor. Bermula, sebelum nyanyi di cafe ini, gw pernah beberapa kali makan sama mantan gw di cafe ini, saat itu belum jadi mantan. Gw tertarik sama band pengirin yang selalu ada meramaikan suasana cafe mulai jam 3 sore sampai 11 malam, kalau malam minggu sampai jam 12 malam. Sampai akhirnya gw dengan sengaja minta no HP salah satu personel band-nya. Minggu kemarin kita sms-an, gw bilang kekaguman gw sama band mereka, terus tiba-tiba gw ditawarin nyanyi malam minggu ini, ngegantiin sementara vocalis-nya yang berhalangan hadir. Seriusan???? Gw bilang suara gw pas-pasan, nanti malah bikin malu, tapi temen gw yang merupakan gitaris band itu bilang, asal gw bisa nyanyi, cuek aja, Cuma semalam ini. Akhirnya gw yang terkenal nekad orangnya, dateng aja. Dengan berbekal beberapa lagu yang lagi hits dan lawas, serta makeup yang natural, gw dateng 1 jam sebelum nyanyi di mulai.

“ Dah siap? Mau bawain lagu apa aja?” tanya temen gw yang gitaris itu, namanya Miko.
“Sorry nih, lagu gw terbatas, gw Cuma tau lagu-lagunya Jamrud, Sheila on 7, Tery yang butiran debu, tenda biru-nya Desy Ratnasari” jawab gw, cowok di sebelah Miko nyengir.
“Oke deh, tenang aja, kita punya buku kumpulan lagu-lagu, ntar lo nyanyi sambil baca aja. Pilih aja lagu yang sering lo denger.” Jawab Miko mengurangi grogi gw yang udah tingkat tinggi.
Jam 3.30 sore kita mulai naik ke panggung tepat di depan pengunjung cafe. Rada ngaret 30 menit karena nunggu 1 orang personel yang belum dateng.



Waktunya tiba. Kita berlima naik ke panggung. Gw deg-degan banget. seakan semua mata ngeliatin gw. Aduh jangan sampe gw bikin malu.
Gw cek mic untuk mastiin itu udah on. Miko ngambil mic yang ada di depan dia.
“Selamat sore semuanya, selamat menikmati menu hidangan cafe kami, sambil anda semua menikmati hidangan, kami seperti biasa akan menemani anda semua sampai jam 12 malam ini, alias sampai tutup, hehehe...Oh iya guys, temen kita Reny berhalangan hadir, suaranya lagi serak, tapi tenang aja, hari ini kita kedatangan tamu baru, gantiin Reny sementara, langsung aja deh yang bersangkutan memperkenalkan diri” Ujar Miko salam pembukaan.
Jeng jing Jeng... giliran gw ngomong niy, aduh kok itu disana berbagai mata ngeliatin gw, mulai dari mata sinis, mata nakal sampe mata duitan.
“Sore semua, perkenalkan, saya Riri, saya akan nemenin temen-temen semua disini, semoga berkenan” ucapku singkat. Disebrang sana lelaki muda nyeletuk.
“Temen??? Sejak kapan kita temenan?sok kenal lo...!!!”
Sementara cewek di sudut lain ikut membalas celetukan, “Gak ada Reny gak seru...!!!”
Sumpah gw mau langsung balik aja, belum juga gw nyanyi udah digituin, tapi untungnya lagi-lagi Miko nenangin gw.
“Santai aja, mereka mah biasa!”

“Ok guys...lagu pertama, Butiran Debu-nya Tery” lanjut Miko. Gitarpun dipetik, intro pun dimainkan. Gw masuk di ketukan yang tepat. Kenapa suara gw gemetaran gini. Kemarin latihan di kamar gak gini. Aduh gaswat. Menit ke 3 menjelang akhir lagu ini kejadian fatal tidak dapat terhindarkan. Gw lupa liriknya, tapi gw lanjut aja. Bodo amat. Akhinya 1 lagu kelar. Lanjut ke lagu yang ke dua, Dan-nya Sheila on7. Selesai lagu Dan Sheila on 7, salah satu pengunjung cafe angkat tangan.
“Sorry gan,,,kita mau enjoy ini hari, lagunya jangan sedih mulu dong”
Lagi-lagi Miko yang jawab, “itu Cuma pemanasan Guys, kita dapet bocoran, hari ini ada tamu cafe ini yang lagi ultah, namanya Mitha... yang mana nih yang namanya Mitha?”
Temen-temen Mitha yang semeja, rusuh  nunjukin ini yang namanya Mitha. Cewek putih sedikit genduk, duduk di meja nomor 8 yang berkapasitas 10 orang.
“Ok buat Mitha kami ucapkan selamat ultah, yang keberapapun itu moga bahagia selalu, ini kita nyanyikan lagu Jambrud, special buat Mitha” ucap Miko, lagu Selamat Ulang Tahunnya Jamrud pun gw nyanyikan. Suara gw gak gw ngerock-in, apa adanya aja. Tapi seru, temen-temen Mitha ikutan nyanyi. Tapi lagi.... setelah lagu itu selesai gw nyanyiin, salah satu pengunjung bilang :

“Mik... gak asik banget vocalis lo, nyesel niy gw dateng ini hari, besok-besok cari vocalis yang udah pengalaman donk, nyanyi Jamrud kaya nyanyiin lagunya Gesang yang Bengawan Solo, bikin ngantuk aja” teman-temannya nyorakin gw, semua ngetawain gw. Anjrit,,, kok bisa sih gw nekad? Bikin malu Miko sama temen-temennya aja.

“Sorry Gan, Riri temen kita ini emang bukan penyanyi, kita juga gak maksud ngerusak suasana, tapi menurut gw, Riri ngasih warna berbeda malam minggu ini, terutama buat cafe ini, biar gak bosen.” Ujar Miko belain gw. Akhirnya kita lanjut ke lagu berikutnya. Gw bawain lagunya Ayu ting ting yang “i’m single I’m happy meski begini..” diluar dugaan gw, salah satu pengunjung cafe berjoget ria di depan di bawah panggung, gak lama temen-temennya ngikutin, akhirnya mereka ngakak sambil joget. Saat itu cafe jadi kocak, gw pun ikutan ketawa liat mereka joget gaya alay gitu.

Pengunjung cafe sekarang mulai enjoy, terbawa suasana. Tapi ada juga mereka yang cuek. Yang penting bagi gw malam ini gw udah berusaha tampil maksimal. Gak terasa jam 12 malam pun datang. Kita pamitan, saat itu masih banyak pengunjung cafe yang belum pada pulang. Personel yang lain ngopi-ngopi dulu selesai manggung, tapi gw ijin langsung capcus, pas ditanya mau diantar gak? Gw bilang gak usah, gw bisa pulang sendiri, deket kok. Padahal jauh di Darmaga. Wal hasil gew pulang sendiri. Ada perasaan takut, tapi cuek aja deh.

Gak nyangka sejak hari tu gw malah disuruh dateng lagi minggu depannya, bahkan akhinya gw jadi penyanyi tetap karena Reny ngundurin diri, dia hamil. Gosip yang beredar, dia hamil tapi gak tau siapa bapak dari calon bayinya. Waduh gw gak ikutan deh. Itu urusan dia.
Udah sebulan gw nyanyi di cafe, dalam seminggu Cuma 4 hari aja nyanyi, senin selasa dan sabtu minggu. Sama kalau hari libur. Gw dibayar 35 ribu per harinya setiap manggung, seminggu 4 kali, jadi sebulan 16 kali tampil, kurang lebih 560 ribu/bulan, disitu ada 5 personel, jadi cafe kurang lebih ngeluarin biaya 2,8 juta buat band kita ini. Murah emang, tapi bukan duitnya yang bikin gw happy, tapi mereka asik-asik orangnya, dari berlima, Cuma gw yang cewek, dan gw yang paling tua, tapi mereka kira, gw sepantaran mereka. Oh iya tambahan, setiap pulang, kita dibekelin ayam bakar+nasi sama ngopi gratis, karena gw gak ngopi, gw gratis nge-teh.

Lambat laun gw udah bisa nguasain panggung, baru 1 bulan tapi gw ngerasa udah kaya saudara sama anak band disini, sama pelayan cafe dan tukang parkir-nya. Gw ngaku sama mereka kalau gw Cuma lulusan SMA aja, soalnya disini hampir semuanya lulusan SMA, yang kuliah Cuma kepala pelayan aja, alias head operational, Pak Darwis, dia lulusan komputer Pakuan.

Ini malam minggu pertama di bulan kedua gw manggung. Malam ini suasana hati gw gak bersahabat, cuacapun terasa lebih dingin, bener aja gak lama kemudian hujan turun rintik-rintik. Gak seperti biasanya, malam minggu ini pengunjung cafe rada sepi. Tepat jam 9 malam dateng tamu cafe, seorang cowok ngegandeng cewek yang menurut gw sexy, mereka duduk di meja nomor 3 kapasitas 2 orang aja.
Saat itu gw gak focus, bukan karena gw terpesona sama kegantengan cowok yang baru dateng itu, bukan juga sama cewek sexy yang dia gandeng, melainkan cowok itu adalah cowok yang sering bawa gw ke cafe ini kalau malam minggu. Itu cowok gw. Saat itu gw pengen langsung ngelabrak cowok gw, apa maksudnya dia bawa cewek itu ke cafe ini? Siapa cewek itu? Ada hubungan apa? Tapi disisi lain gw harus kerja, gw harus nyanyi. Sampai akhirnya cowok gw ngeliat ke arah gw, dan dia kaget setengah mati liat gw yang berdiri di panggung itu. Belum juga mereka pesan makanan, cowok gw langsung narik tangan cewek sexy itu dan meninggalkan cafe. Malam itu tanpa seorang pun yang tau, gw nangis di toilet cafe. Gak ada yang tau hati gw hancur malam itu.

Jam 12.30 gw udah di kamar kosan gw. Panggilan 8 kali dari nomor yang udah gak asing lagi. Sony, cowok gw, yang tadi ketemu di cafe. Ada 3 sms-nya baru sempat gw baca. Intinya dia bilang cewek itu Cuma teman biasa, baru kenal dan cewek itu yang ngajak makan di cafe, banyak alasan yang gak masuk akal berusaha Sony sampaikan untuk meyakinkan gw. Dan supaya kesannya dia gak salah, Sony nanyain kenapa gw ada di cafe itu? Kenapa  gw nyanyi disitu tanpa ngasih tau Sony? Kenapa gw mau kerja jadi penyanyi cafe yang bagi dia itu artinya cewek gampangan. Dia bilang kenapa gw mau ngerendahin harga diri gw, apa kurang gaji gw sebagai assistant dosen di universitas swasta? Gw gak bales sms Sony, telponnya pun gak gw angkat. Usaha dia buat mutar balik kesalahan membuat gw makin sakit hati. Kalau gw jadi penyanyi cafe, sering pulang malam dan hal itu yang baginya adalah wanita gak beres, itu hak dia menilai gw seperti itu. Tapi bagi gw kerjaan itu halal.
Sony mulai kalap saat sms dan telponnya gak pernah gw respon. Di malam itu, selasa malam rabu, jam 10 malam, Sony ngejemput paksa gw dari cafe.
“Pulang, ayo pulang, kamu like bitch (seperti wanita murahan)” sambil narik tangan gw, Sony maksa gw ikut dia pulang.
“Sabar Boss, Riri masih harus nyanyi sampai jam 11, tunggu aja boss, 1 jam lagi, duduk aja dulu di meja situ” Ujar Miko ke Sony.
“Siapa kamu? Dia pacar aku, terserah aku mau bawa dia pulang, apa ini? Cewek sendiri dan yang lainnya cowok, pacar aku harus kerja sampai malam, gak bisa” jawab Sony emosi.
“Udah deh Sony, kita bukan pacar lagi, urusin aja cewek yang waktu itu kamu bawa kesini, udah ya aku mau kerja, gak enak tuh diliat orang, nanti aku dipecat” jawabku pada Sony.
“Iya bagus kalau kamu dipecat, berapa kamu dibayar disini? 1 juta? Aku bayar buat kamu, asal kamu jangan nyanyi disini, kamu ini apa? Cuma bitch yang kerja like this. Ayo pulang!!”

Malam itu keributanpun tidak dapat terelakkan, beruntung pengunjung cafe sudah banyak yang pulang, dan hanya beberapa saja masih disana. Wal hasil gw dipanggil Pak Darwis. Dan cowok gw diusir sama satpam. Bagunya gw gak dipecat. Sebelum pergi, Sony teriak dengan lantang
“Riri, kamu ngak malu? Gimana kalau mahasiswa kamu liat kamu nyanyi disini? Gimana mereka bisa respect ke kamu? Kamu itu asdos, apa kata teman dosen kamu yang lain kalau liat kamu kerja like bitch”

O.M.G... kebongkar deh rahasia gw, dan orang yang merasa ditipu mentah-mentah sama gw adalah Miko. Miko gak negor gw sampai kita pulang.

Hari jumat, gw ketemu Miko lagi. Dia minta gw gak gabung lagi sama Band-nya.
“Mik..Mik... please, gw bisa jelasin kejadian selasa kemarin” ucap gw sambil ngejar Miko ke atas panggung.
“Ri... malam ini kita akan tampil tanpa elo, sorry Ri, kita gak suka temenan sama penipu kaya elo, gaji elo selama tampil yang belom di bayar, nanti gw mintain ke Pak Darwis” Miko meninggalkan gw, dia terus berjalan ke arah panggung. Gw niat meluruskan ini semua, gw duduk di kursi dekat kasir. Sesuai kata Miko, mereka tampil tanpa gw. Salah satu pengunjung yang sering datang ke cafe, ngeliat gw, dia nyamperin gw.
“mba Riri gak nyanyi malam ini? Kenapa”
“suara saya agak serak Mas” kilah gw.

Selesai mereka manggung, gw langsung ngejar Miko CS, tapi Miko gak ngegubris gw. 3 hari kemudian Pak Darwis nelpon gw, dia nyuruh gw dateng ke cafe, sampai di cafe dia nyerahin semua sisa gaji yang belum di bayarkan. “Sorry Ri... bukan kita gak butuh Riri lagi, kita tau kehadiran Riri udah kasih warna baru untuk cafe ini, baru tampil belum lama aja kamu udah banyak yang suka, tapi keputusan ada di anak band, mereka gak mau Riri ada masalah kedepannya kalau terus manggung di cafe ini, nanti cowok Riri ngamuk-ngamuk lagi di cafe ini, kan gak enak dilihat customer, lagian Ri, ngapain sih kamu buang tenaga Cuma buat duit segini? Katanya kamu dosen.” Jelas Pak Darwin sambil nyerahin amplop coklat.

“Oke Pak, sebelumnya terimakasih banyak saya udah diterima disini, meski hanya 1 bulan lebih tapi saya seneng, saya mohon maaf tidak menjelaskan latar belakang saya, karena saya kira itu tidak perlu diketahui, saya datang kesini Cuma pengen kerja, uang bukan ukuran Pak. Disini selain kerja, saya bisa nyalurin hobby nyanyi saya, itu lebih dari cukup. Tapi kalau Miko dkk sudah tidak menghendaki kehadiran saya lagi, saya mau bilang apa? Saya pamit. Dan satu lagi Pak, saya bukan dosen, Cuma assistant dosen” gw pun ninggalin cafe.

Sebulan berlalu, gw gak ada komunikasi lagi sama Sony, gw denger malah Sony jadian sama cewek yang pernah gw liat dulu. Go to Hell. Mengenai Miko dkk gw juga gak pernah denger kabarnya lagi, jadwal ngajar gw makin padet, gw gak pernah dateng ke cafe lagi.

Yah... inilah hidup, Sony bukan Cuma ngancurin hati gw, tapi dia juga ngehancurin kerjaan gw dan hubungan baik gw dengan anak-anak cafe. Gw berfikir, apa yang salah sama gw? Toh gw Cuma nyanyi di cafe, pakaian gw setiap manggung pun sopan. Pikiran orang sama penyanyi cafe selalu negatif, apa yang salah? Bukan Cuma Sony, tapi tetangga sekitar kosan gw pun mempertanyakan kenapa gw sering pulang malam, yang gak gw suka itu mereka gak tau apa yang gw kerjain sampai pulang malam, dan gak nanya langsung ke gw, tapi bergosip ria membuat spekulasi, malah selentingan kabar gw denger, dikira gw bitch. Mereka juga gak tau kalau gw ngajar siangnya. Yang mereka tau gw sering pulang malam, kerjaan apa yang dilakukan seorang wanita sampai pulang malam kalau gak kerjaan haram? Pikir mereka. Aaahhhhh gw sih gak mau ambil pusing omongan orang. Gw juga gak mau cerita-cerita kalau gw ngajar di kampus. Mereka mau menggunjing gw itu hak mereka, yang penting gw gak ganggu keluarga mereka, gak nyusahin mereka. Maklumlah mereka kan Cuma ibu-ibu rumah tangga yang kalau udah gak ada kerjaan di rumah ya apalagi selain gosipin orang? Mereka gak ngerasain gimana rasanya cari duit itu susah, yang mereka tau suami mereka pulang bawa duit, bisa makan. Nah kalau gw??? Untuk punya celana jeans harga 50 ribu aja gw mesti nyiapin materi dan cuap-cuap sampe 2 jam untuk jelasin itu materi. Iya betul, bayaran gw Cuma 50 ribu sebagai asdos setiap pertemuan. Asal tau aja, hidup gw lebih terhormat setidaknya gw gak Cuma ngangkat tangan minta duit tanpa tau gimana perjuangan duit itu bisa sampe di tangan. Setidaknya gw ngabisin sebagian besar waktu gw buat hal positif, bukan buat ngurusin urusan orang lain yang bukan ranah gw. Tapi semua itu gw maklum, namanya gw tinggal di kampung, ya beginilah. Gw sempet ditegor sama ibu kosan, tapi ibu kosan gw itu sebetulnya baik banget orangnya, meski dia orang totok Bogor, tapi gak kaya orang kebanyakan, dia juga gak suka ikut campur urusan orang atau anak-anak kostnya. Cuma ibu sempet nanya kenapa gw sering pulang malam, tetangga nanyain, khawatir gw kenapa-napa kalau sering pulang malam. Saat itu gw Cuma bilang ke ibu, ibu harus percaya ke saya bahwa saya tidak akan melakukan hal-hal yang akan mencoreng nama baik ibu, saya bekerja di cafe, dan harus pulang malam, gw ngakunya pelayan cafe saat itu. Dan ibu bilang itu bagus, gak masalah, yang penting halal. Dan ibu ngejelasin ke tetangga- tetangga kalau gw itu pelayan di cafe.

Kadang hidup ini lucu, orang lain seolah lebih tau siapa diri kita ketimbang diri kita sendiri. Temen gw sampe nyaranin bilang aja terus terang kalau gw itu siangnya ngasdos, dan malamnya kerja di cafe, kalau mereka tau gw itu ngajar di kampus, mereka akan respect ke gw. Saat itu gw hanya ketawa, kenapa gw harus ngejelasin apa kerjaan gw? Yang penting gw gak ganggu mereka, gak nyusahin mereka, gak jual narkoba. Pencitraan diri itu sangatkah penting? Gw sih gak peduli, silahkan ngomongin gw, ambilin tuh dosa-dosa gw akibat ngomongin gw yang engga-engga. Gw sih mikirnya gampang aja, Siti Aisyah yang mulia aja masih aja ada orang yang gak suka, masih aja di fitnah, apalagi cuma gw. Jadi terserah deh orang mau ngomong apa. Bebas gw mah, asal jangan nyikut gw aja. Selama ngejelekin gw itu bisa bikin mereka bahagia, silahkan. Kaya gak percaya ada hidup setelah mati aja. Semua pasti ada itung-itungannya, gak kurang gak lebih, semua pasti fair. Jadi kalau di dunia gw ngerasa diperlakukan tidak adil, nanti gw dapet keadilan di kehidupan yang abadi.

Intinya hidup itu udah ribet, gak usah ditambah ribet sama ngurusin hidup orang lain, even itu orang emang bener-bener penjahat, gak ada hak kita untuk men-judge orang itu, kita gak pernah tau kedepannya. Siapa tau dia tobat dan justru ibadah dia yang diterima Allah dari pada ibadah kita? Biarkanlah seluruh manusia seisi dunia ini mengujat kita, selama masih ada mentari yang tersenyum, hidup itu masih indah.

*Cerita di atas adalah fiktif belaka, jika ada kesamaan tokoh dan nama, ini cuma fiktif

2 komentar: