foto kepala

Translate

Selasa, 16 April 2013

Yuks Pelihara Ikan Hias Air Tawar di Aquarium !!!


Aquarium
Senengnya punya temen baru. Miara Ikan dalam aquarium ini awalnya karena gw ngerasa kesepian banget, apalagi kalau udah di dalam kamar kosan, gak ada temen selain temen di dunia maya. Kalau gak internetan, palingan nonton film, ngebosenin kan? Nah gw mulai berfikir rasanya seru kalau gw punya hewan peliharaan. Kucing? hewan yang 1 ini banyak dijadikan hewan peliharaan, bahkan ada yang rela beliin shampoo 30 ribu buat nyampoin tuh kucing, kalau gw mah... mending beli shampoo gw sendiri, bahkan banyak makanan kucing lebih mahal dari makanan manusia. Itu kan selera, sah-sah aja, kalau ada willingness to pay-nya sih gak masalah, yang penting seneng. Cuma buat gw masalahnya adalah gw takut sama kucing, nyentuh aja gak berani deh, bisa-bisa bulu kuduk gw berdiri, apalagi kalau ngeliat anak kucing, berasa nyawa gw tinggal separoh. Gw bisa ketakutan setengah mati kalau ada anak kucing deket gw, soalnya anak kucing itu mengeongnya nyeremin, belum lagi suka ngikutin, terus badannya yang lemot bikin gw jijay. Terus piara hewan apa dong? Kelinci??? sama aja kaya kucing, bulu dan badannya yang lembek bikin gw ilfeel alias ilang feeling, alias mati rasa. Gw tuh hampir semua jenis hewan emang gak berani pegang. Nah jadi gw berfikir HEWAN APA YANG BISA GW PELIHARA TANPA GW SENTUH??? IKAN, thats good idea....hehehe.

Wal hasil gw liat sisa duit gw dan mulai berburu ikan, aquarium, tanaman air, pasir, aerator dan filter. Kebetulan gw dapet paket ikan murah (tanpa lampu, aerator dan filter). Gw beli di deket kapus IPB, ada berbagai macam paket, tapi yang gw pilih paket 3 terdiri dari ;
1) aquarium ukuran 30x20x20 cm,
2) ikan mickey mouse 6 ekor,
3) pasir 3 Kg warna hitam (pasir Malang),
4) tanaman air 2 buah

Udah itu aja, gw bayar cuma Rp.48.000 untuk paket itu. Kecil sih memang aquariumnya, tapi bolehlah buat pemula kaya gw, ukuran 30x20x20 cm kalau beli sendiri itu harganya Rp.40.000 di toko ikan hias. Kalau mau murah mendingan pesan di toko kaca yang suka buat aquarium, lebih murah, setengah harga. Tapi waktu itu gw gak mau ribet, jadi gw beli paket aja, dan sebenarnya paket yang gw beli itu adalah aquarium bentuknya memanjang secara vertikal, sementara gw pengennya memanjang horizontal tapi beda harga (lebih mahal) meski ukurannya sama, tapi untungnya pas lagi ada pemilik toko-nya, dan dia sama-sama anak IPB, jadi dikasih deh gw aquarium yang memanjang horizontal dengan harga yang sama. Sementara filter dan aerator dijual terpisah. 

Untuk Aerator (untuk oksigen) gw beli di pasar anyar cuma Rp.18.000, selang air Rp. 1000 dan filter Rp.15.000, tapi gw saranin mending beli filter yang udah sama aeratornya cuma Rp.50.000 selain lebih praktis juga gak makan tempat. Gw beli terpisah karena gak ngerti waktu itu. Dan filter yang 50 ribu itu lebih jernih airnya, gak butek, bersih deh. Gw beli pasir putih sebungkusnya Rp.5000, cukup sebungkus.

Untuk ngehias aquarium kita, toko ikan hias itu bisa bantu ngehiasin, kaya menata pasir dan tanaman airnya. Tapi gw lebih seneng menata sendiri. Suka-suka gw mau digimanain, bebas. Langkah-langkahnya :
  1. Bersihin dulu aquariumnya pake sabun dan gosok sampai bersih, jangan kebanyakan sabun, takutnya bau sabun tertinggal, ntar ikan malah mabok. setelah bersih, rendam aquarium dalam air seharian, setelah itu bersihin lagi gak usah pake sabun.Pastikan bau sabun udah hilang. Pake air tanah aja, alias air sumur, jangan air PAM, karena air PAM mengandung kaporit.
  2. Bersihin pasirnya, rendam aja di baskom, terus saring deh.
  3. Masukin pasirnya yang warna hitam, untuk aquarium ukuran 30x20x20 cm, cukup 1 kg pasir hitam aja, setelah itu baru diatasnya taburkan pasir putih
  4. Masukin tanaman airnya, dikubur sama pasir ya, atau kalau mau tetap di dalam potnya ya terserah, tapi kalau gw tanamannya gw keluarin dari pot dan tanamannya di kubur di dalam pasir, terus potnya buat rumah ikannya.
  5. Pasang filter dan aeratornya di aquarium, jangan di colokin dulu ke listrik ya, nanti aja belakangan.
  6. Tinggal masukin airnya. Air yang dipakai lebih baik air galon isi ulang yang 3 ribu itu, atau kalau mau air sumur diendapkan dulu semalaman ya, setelah itu masukin ke aquariumnya pake selang kecil, tinggal kita sedot aja terus masukin selangnya ke aquarium. Maksudnya pake selang kecil, supaya gak merusak pasir dan tanaman yang udah kita tata, kalau langsung tumpahin aja, nanti berantakan lagi airnya, dan pasir putih jadi nyampur sama pasir hitam, gak bagus kan. Isi jangan terlalu penuh, sisain 3cm diatas permukaan.
  7. Terakhir masukin deh ikan yang masih di dalam plastik. Tapi tunggu jangan langsung dimasukin, tapi masukin ikan bersama plastiknya ke dalam aquarium, gunanya biar ikan gak kaget, kita samakan suhu air di aquarium dan di dalam plastik sekitar 7-10 menit, setelah itu baru lepaskan ikan ke dalam aquarium, masukin air yang di dalam plastik juga. Kalau ikan udah berenang renang, mulai enjoy tuh kelihatannya. Baru deh hidupkan filter dan aeratornya.
Simple kan??? cara-cara di atas gw lakukan secara otodidak aja, by feeling, tapi terbukti ikan gw nyaman sampai sekarang, dia ngomong sendiri sama gw. Kalau mau pelihara hewan, jangan cuma pengen nikmatin enaknya aja, tapi harus kasih dia kenyamanan.

Untuk makanannya gw beli yang sebungkus cuma Rp.3000, murah gila, betuknya kaya bola-bola kecil warna-warni, sebulan juga masih sisa, tergantung banyaknya ikan. Jangan karena murah terus kasih makan sebanyak-banyaknya ke ikan, itu gak bagus, karena sisa makanan ikan yang tidak termakan, selain bikin kotor air aquarium juga akan mengundang bakteri. Jadi kasihlah secukupnya, kalau gw sih cukup 1 sendok makan/hari untuk 6 mickey mouse, 2 komet, 3 koki, 2 lemon, 2 layang dan 1 sepat. Semua cuma 1 sendok makan aja. Kalau airnya gak mau kotor, kasih aja cacing kering, per bungkus ada 9 kotak cacing kering itu cuma Rp.5000. Tapi ikan-ikan gw gak suka dikasih cacing kering, sukanya yang 3 ribuan itu hahahaha... dasar ikan murahan. Ooooppss, sorry kan...

Kalau temen-temen mau beli paket ikan hias yang tadi gw sebut di atas, temen-temen cuma dapet ikan mickey mouse. Gak seru dong kalau aquarium isinya cuma mickey mouse aja yang cuma segede ujung jempol. Kita tambahin yuk, tapi jangan kebanyakan juga, nanti kasihan ikannya, karena aquariumnya kecil.

Di aquarium gw gak banyak ikan gw masukin, gw cuma punya 6 Mickey Mouse, 2 Lemon, 2 Komet, 1 Sepat, 2 Layang, itu aja. Tapi ada temen yang nitik 3 mas Koki, gw berharap ntar itu jadi milik gw hahahaha.

Gw kenalin ya satu persatu mulai dari siapa itu Mickey Mouse, bukan tikus yang punya hidung bundar dan pake celana itu. Tapi dibilang Mickey mouse karena di tubuhnya, dekat ekor, punya 3 dot hitam kaya kupingnya Mickey, hahaha... lucu yah. Gw sih kasih nama si Tompel hahaha. Ukurannya paling kurang dari 2cm. Ini dia ikannya.

1. Mickey Mouse Platy

Mickey Tompel 1


Mickey Tompel 2















Mickey juga ada yang warnanya merah polos kaya ikan mas, ini dia :

Komet
  2. Komet
Ikan Komet yang gw punya ini cuma ada 2, ukurannya sekitar panjang 7 cm. Ikan ini jangan kebanyakan dikasih makanan, kalau kebanyakan cuma dimainin aja sama dia, dan pup-nya banyak. Komet ini cukup aktif. Sepintas dia kaya ikan Koi, tapi dia punya sirip di atasnya, warna komet putih belang merah. Komet yang gw punya namanya Momo dan Mimi. Mereka suka kejar-kejaran. Lucu deh liatin mereka, bikin stress hilang.
Harganya murah, di pasar anyar gw beli cuma Rp.5000 dapet 2 ekor.



Lemon
2. Lemon
Ikan ini dinamain Lemon karena warnanya kuning kaya Lemon. Sebetulnya ikan Lemon ini gak bisa disatukan dengan ikan yang lain, karena dia suka makanin ekor ikan lain. Gw punya 2 Lemon, yang 1 sukanya ngejar buntut ikan lain dan yang 1 lagi sukanya duduk manis bertengger di pohon air.
Harga Lemon bervariasi tergantung dimana beli, kalau gw beli di toko hias Rp.4000/ekor, tapi di pasar kaget bisa dapet Rp.5000/4 ekor. Mending beli di toko hias, karena terjamin hidupnya, gak kepanasan, kemungkinan hidupnya lebih panjang.

Sepat
3. Sepat
Sepat gw ini tadinya ada 2, cuma udah mati 1 gara-garanya gw beli dari Bara di pasar kaget yang tiap hari Minggu, cuma Rp.5000/2 ekor. Nah berhubung macet, pas pulang gw jalan kaki dari kampus sampai kosan, kepanasan deh tuh ikan. Cuma sehari aja ikan itu hidup, besoknya udah ngambang alias mati, sedangkan yang satunya alhamdulillah masih hidup sampai sekarang. Tapi kasihan gak ada temen sejenis.



Manfish

4. Manfish
Ikan jenis ini gw cuma punya 2, disebut juga ikan layang, karena ngapung aja kaya layang-layang. Ikan ini bergaris-garis hitam. Dia gak banyak gerak, dia senangnya melayang-layang aja, ikan pendiam. Gw gak ngerti deh kenapa namanya manfish, apa karena gak ada jenis female-nya atau karena ikan ini belang, yang belang-belang kan identik sama cowok, kaya pria hidung belang kan gak ada wanita hidung belang (gak nyambung ya? sambung-sambungin aja!)






Sumatra
 5. Sumatra
Ikan Ini gw kasih nama Simon. Sedikit cerita tentang Simon. Si Simon ini aktif banget, hampir sama kaya Lemon sukanya nge-bit ikan lain. Dan yang sering Simon gigit itu si Komet padahal body-nya lebih besar dari Simon, tapi Simon gak takut. Besar Simon yang dulu gw beli itu seukuran sama Mickey. Akhirnya karena Komet keganggu, ya gw marahin si Simon, Gw bilang : "Simon...jangan gangguin Momo sama Mimi, nanti kalau masih gangguin, kamu aku pisahin, atau aku matiin sekalian, nakal banget sih". Gw masih inget banget malam itu gw marah ke Simon, dan besoknya gw temukan Simon mati, gw sedih banget, nyesel udah marahin dia. Dan sampai sekarang gw gak beniat beli Sumatra lagi. Takut keinget sama Simon.

7. Koki
Terakhir yang ada di dalam aquarium gw adalah 3 ekor Koki, ini bukan punya gw, cuma titipan. Hari ini rumah untuk mereka udah jadi dengan ukuran 50x40x40 cm, terlalu besar cuma untuk 3 jenis ikan koki ini aja. Ikan ini harganya kalau di toko hias Rp.15.000/ekor, tapi gw nyari di Pasar Parung dapet Rp10.000/3 ekor, lumayan kan, dari pada lumanyun. Cuma jauuuuhhhh ciiinnnnnn yang namanya pasar parung. Ikan Koki ini doyan makan juga. Dia bisa berdiri nungging 90 derajat hahaha. Ekor koki ini yang sering dimakanin sama si Lemon, makannya yang punya ikan ini buru-buru pesan rumah buat 3 Koki ini, biar gak digangguin Lemon.

Oh iya hampir lupa, ada 1 ikan lagi, ikan sapu-sapu. Ini ikan warnanya hitam, gak usah dikasih makan, dia suka makanin sisa-sisa makanan di bawah. Ikan ini penting banget ada di aquarium, dia menjaga keseimbangan aquarium. Dijamin gak ada lumut kalau ada ikan sapu-sapu. Berhubung pasir gw masih ada 2Kg dan pasir putih masih ada setengahnya, juga tanaman air gw masih ada 2 pot lagi, jadi temen gw gak usah beli pasir lagi, cukup beli filter dan aquarium aja. Yang lain-lain pake punya gw aja. Temen gw ini pesen aquarium dari tempat bikin kaca, cuma Rp.60.000 ukuran 50x40x40 cm, kira-kira double dari punya gw. Murah gila kan???

Untuk perawatannya, ganti air kalau udah keruh, jangan ganti semua nanti ikannya mati. Buang aja setengahnya. Nah cara membuangnya juga ada triknya, caranya sama kaya kita ngisi air ke aquarium. Masukin aja selang kecil ke dalam aquarium, terus sedot deh, hati-hati keminum, gak kebayang kalau keminum, nyampur sama kotoran ikan huahahaha, siapin sebelumnya ember, jadi buang air yang kita alirkan dari selang itu ke ember. Inget ya, setengah air di aquarium aja yang dibuang. Nah setelah itu tambah air baru, kalau gw pake air galon, sama caranya. Taro aja air di ember, letakkan lebih tinggi dari aquarium, sedot dan air pun ngalir dari selang ke aquarium. Kenapa mesti alirin air pake selang? supaya ikan gak kaget, dia ngerasa air masuk pelan-pelan. Kalau langsung 1 ember di tumpahin ke aquarium, selain ngerusak isi aquarium, ikan pasti ngejawab, "gile bener gw di mandiin se ember berasa tsunami".

Hal lain taburin garam khusus ikan, bisa beli di toko hias, taburin 1 sendok makan aja setiap seminggu sekali, garam ini mencegah ikan kena penyakit. Garam ini cepat banget larut di air, taburin aja, jangan di aduk kaya ngaduk kopi, ntar ikan pusing. Ingat ya 1 sendok makan aja/minggu, jangan 1 sendok semen. Trus jangan maksa pake garam dapur, beda banget. Ntar ikan malah mati.

Ada hal lain mau ditanyain??? Hubungin gw aja ya, berasa dokter ikan niy gw. Secara gw kan aquarius, jadi yang berhubungan dengan air dan aquarium gw ngerti deh... hahaha belagu banget, muke lo jauuuhhh!!! Oh ya... gw mulai berfikir bisnis ikan hias, sekalian buka jasa nge-design interior dan eksterior aquarium. Tinggal nyari tempat yang strategis, gak usah luas-luas, cukup 2x5 meter aja dan partner bisnis. Berminat??? hubungin gw ya,,, ntar kita bahas alokasi dana yang dibutuhkan, ikan apa aja yang mau di jual, dan bermitra dengan tukang kaca yang mana untuk bikin aquarium.


104 komentar:

  1. mauu bangeeed... dimana itu tmpatnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang udah stop dulu dagang ikan,ntar kalau dapet tempat yang strategis dilanjutin lagi. Buat Maria... coba aja beli aquarium yang gak terlalu besar ukuran 40 cm x 20 cm x 20 sekitar 30 ribuan harganya, mulai deh hiasin aquariumnya pake pasir dan tanaman air (banyak di jual di toko ikan), beli ikan yang kecil2 aja dulu, saran jangan beli komet dan lemon, dua ikan ini masalah banget

      Hapus
    2. Kalo komet sama koki akur ga kak?

      Hapus
    3. akur sih, tapi... kadang komet suka jail sama koki, suka gigit buntutnya. koki itu special, dia gak bisa hidup di air kotor, jadi mendingan dia di taro sesama koki juga, jangan di gabung, komet itu kotorannya banyak, nanti koki nya gak kuat sama amoniak dr kotoran komet

      Hapus
    4. Mba sari, saya mau nanya, apa akibatnya klw garam ikan tercampur k makanan manusia? Bahayakah??

      Hapus
    5. Mba Khairani Permata Sari : garam ikan dan garam dapur bedanya kalau garam dapur sudah di rekayasa manusia, maksudnya ditambahin iodium dll, ini tidak baik bagi ikan, karena iodium bisa bikin ikan rabun (untuk ikan air tawar), nah kalau garam ikan termakan manusia, saya kita tidak apa-apa asalkan garam tersebut diyakini kebersihannya dan tidak dalam jumlah besar, sesuatu yg berlebihan tidak baik. tapi lebih baik dihindari

      Hapus
  2. Kocak abis ceritanya... apa lagi yg tentang kucing....huah ha ha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssssssssssttt... jangan mangap kegedean, ntar nyamuk masuk :)

      Hapus
  3. kalau untuk mulai melihara ikan hias sebaiknya dimulai dari ikan apa?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan hiasnya mau di akuarium atau kolam? kalau kolam cari ikan yg dilihat dari atas bagus warnanya kaya koi. kalau di aquarium cari ikan yg gak ngerusak tanaman air, ada ikan yg gak bisa ditaro di aquarium karena hyper active kaya comet, comet ini sering ngerusak tanaman hias, jadi gak pas ditaro di aquarium. cari ikan yang ukurannya kecil2 aja kaya mickey mouse, platy, manfish, shark albino, ikan2 ini bisa digabung, gak berantem, tapi jangan beli yg galak kaya lemon, sumatra dsb, tipe ini mesti digabung sama sejenisnya. Tanya aja sama penjualnya sebelum beli, bisa digabung atau ngak?

      semoga puas dengan jawabannya. Selamat mencoba :)

      Hapus
  4. alamat tempat beli aquariumnya dmn ya? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah tutup tokonya, soalnya ribet gak ada yg jagain, aku-nya sibuk sama tesisku

      Hapus
  5. Que jg ska pelihara ikan skrng Que punya koi, komet, platy, guppy kura-kura brazil n sapu-sapu...
    :)
    msh pengen nambah koleksi lgi ne...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus dong,,, yg paling enak miara ikan bukan miaranya tapi berburu ikan2 baru :)

      Hapus
  6. Dah hampir 1 bulanan melihara ikan...
    Gara2 kena racun aquascape jadi ngiler...
    Mulai nyicil sedikit2 dari pesen Akuarium 120x60x70 tebel kaca 10mm khusus kaca belakang 120x90 tebel kaca 12mm coz ini akua sistem filternya atas dan permanen dengan akuariumnya.
    Singkat cerita dah kumpul semua dan mulai isi ikan... padahal klo mau maen aquascape ga boleh isi ikan buru2... harus nunggu tanemannya survive...
    Karena ga sabar langsung dah mampir di toko ikan...
    Langsung jatuh hati sama ikan MOLLY... Seksi bener... Beli dah...
    Ada yang Yellow, Gold, White, Black, and Marble. Tentu beli juga jantannya tp ga banyak. Ini ikan demen beranak pinak soalnya jd klo mo meliara n demen pliaraannya beranak pinak ini salah satunya...
    Selang 2 minggu... eh apaan tuh... beneran ternyata anak ikan molly... yiiiihaaa...
    Semenjak itu jadi sering beli ikan...
    Total kira2 ya...
    Molly = 10an
    Platy = 10an
    Sapu2 = 3
    Lele albino = 9
    Zebra = 20an
    Neon Tetra = 40an
    Cardial Tetra = 40an
    Guppy = 20an.
    Masih hunting guppy yang ekornya lebar dan 1 warna (solid)...
    Gw melihara selain buat pribadi juga buat tontonan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry Cin baru baca commentnya, wah gw harus belajar nih dari dirimu, gw juga mau donk ikan2 gw bertelur, punya anak banyak, kalau ke tukang ikannya bilangnya ikan molly apa? jantan sama betina, gitu? terus satuin aja mereka sama ikan yg lain? bisa kawin tuh? gak keganggu? ntar berterlurnya berapa hari? terus pisahin gak anak2 molly-nya di akuarium terpisah, takutnya dimakan ikan yg lain. sorry ya, malah gw yg banyak nanya, kita disini sharing aja, bagi2 pengetahuan :)

      Hapus
    2. Ikan Molly Betina body nya lebih gede dari yg jantan sob.. warna betina juga ga begitu mencolok seperti jantan.
      paling cepat dapat ikan gratis tuch dari jenis black molly..
      satuin aja ma ikan lain juga masih bisa kawin koq and jangan takut dimakan ikan jenis lain (asal jangan sama yg ikan agresif) soalnya tuch baby molly jago ngumpetnya.

      Hapus
    3. oh gitu ya, wah makasih banget infonya ya :)

      Hapus
  7. Saya mau nanya dong, saya orang Inkopad, dekat Parung Bogor.
    Tapi stay di Jakarta karena kuliah di UNJ.
    Begini, saya masih baru memelihara ikan hias. Maunanya seputar tempat yang jual aksesoris Ikan yang murah tapi berKwalitas dimana yah? Bisa minta saran?
    Jika berminat bantu bisa hubungi saya di facebook : ENcek Shouvobond Leader
    Trimakasih ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aksesoris yg murah, buat dipake sendiri (bukan buat di jual lagi) beli di pasar anyar aja, kaya filter, itu murah2 disana. Tapi kalau ikan, yg murah itu di pasar parung, bukanya tiap senin dan kamis, harus sebelum jam 8

      Hapus
  8. Owhh.. Boleh dong di anterin. Hehe

    BalasHapus
  9. Tadi pagi abis buru di 3 tempat sar, akhirnya dapet ikan archer fish sma giant travely.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. namaya lucu ya? giant travely kalau diartiin kira2 gini artinya "raksasa yg suka berpergian". bagus deh berburu ikan dari pada berburu hantu hehe

      Hapus
  10. tambahan,pelihara pink zebra,1 pasang cukup ligat tuh ikannya,hehe
    sama ikan wolly,ikannya tuh mirip dalmaintion bintik2 hitam putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih niy share-nya, kamu tau banyak tentang jenis ikan ya

      Hapus
  11. satu lagi kalau aquarium kamu banyak tempat hiasan gitu seperti rumah,bunga2 gitu beli ikan bulu ayam(kalau aku beli 2 ekor Rp.15000,dan kalau suka ikan yang kalem itu ikan tawon(10 ekor Rp15000)tapi entah di ganggu g sama lemon mu,tar di kira makannan lagi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. lucu aja ada ikan bulu ayam sama ikan tawon, seriusan aku baru denger loh, ikan bulu ayam buat bersihin aquariumnya ya? jadi ngebayangin kemoceng berenang :) lol

      Hapus
  12. bukan,nanya aja deh di toko2 jual ikan hias/atau nanya mr google tar tau juga,yamg penting ada tempat2 hiasan seperti batu2 karang,rumah2an sama bunga2 udh lebih dari cukup karena tuh ikan bulu ayam suka di situ bersembunyi dari keramain...

    BalasHapus
  13. ini gambaran dari ikan bulu ayam

    http://534628764.r.cdn77.net/APRIL/images/TEKNO/FLORA%20DAN%20FAUNA/blackghost.jpg

    dan ini gambaran ikan tawon/lebah yang super kalem

    http://4.bp.blogspot.com/-oZ11EXiItqk/TbEyjsGyWtI/AAAAAAAAAGA/FgBan3ZtPP8/s320/lebah.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooohhh aku taunya blackghost, oh nama lainnya ikan bulu ayam, aku gak suka black ghost, gimana gitu wujudnya

      Hapus
  14. http://www.virmansyah.info/2013/03/jenis-ikan-hias-air-tawar.html

    di pilih di pilih,bayarnya di tempat jual ikan hias,hehehehhee

    BalasHapus
  15. Thanks. Bermanfaat nih artikrlnya

    BalasHapus
  16. Ane kesal sama ikan lemon,masa cupang hias ane ekornya pada rontok,tuch cupang kan ikan kesayangan ane...ada yg tau ga ikan hias yg bisa Bales perbuatan jahat ikan lemon,tpi yg seukuran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi Villrxs, makasih udah mampir disini, mendingan lemonnya dipisahin aja, kasian kan cupangnya kesakitan di bit ekornya sama lemon. kalau udah gak suka sama lemon-nya, kasihin aja ke orang, atau ke yg jual ikan, wadduuuhh jangan dong dicariin ikan lain untuk "ngebales" perbuatan lemon, namanya juga hewan, maklumi aja, gak usah dendam segitunya, ntar nyesel loh kaya saya. sebetulnya ikan itu bisa ngerasain lho kasih sayang kita :)

      Hapus
    2. Villrxs kok marah sama ikan lemon,dalam kasus seperti ini ikan lemon g salah,udh tau ikan lemon nya agresif,di campur sama cupang y habis,kalau kamu bilang cari ikan yang menbalas ikan lemon,mendingan jgn itu "DOSA",

      Hapus
  17. He2222 mantap ceritanya, izin share ya?

    BalasHapus
  18. mantep nih, aku juga rencana mau pelihara ikan, tpi masih nyari referensi :)
    ntar aku tanya2 kesini aja ya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, bisa tanya kesini, atau langsung aja ke facebook aku, klik facebook sari (kiri atas) atau langsung search : sari El Rose

      Hapus
  19. maksih buat masukannya, saya akan coba, tapi masih bingung buat pelihara ikan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan yg cakep dan bisa ngerock aja, IKANg FAUZI hehe

      Hapus
  20. mba klo mau bikin aquariumnya dimana yaa..? aku pengen bgt pelihara ikan, tp mau beli aquariumnya dlu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesen aja di toko kaca yg suka buat rak etalase, murah, bisa di tawar dan ukurannya bisa terserah kita

      Hapus
  21. :D .. Kocak.. Punya ikan di aqurium itu bkin pikiran rilex dan tenang klo ngeliatnya. . Emang tuh ikan s lemon n yang belang suka ngejar2 ikan koinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...rilex kalau punya ikan...apalagi ikan fauzy haha. tapi udah gw kasihin ikan lemonnya ke ade kelas pas mereka pameran aquascape

      Hapus
  22. Wkkwk kocak abis ceritanya...gw pnya pengalaman juga tentang ikan..waktu itu gw mau foto ikan gw di kolam gw...ikan nya ikan predator jenis arapaima gigas udah lumayan gede ikan nya ukurannya sekitar 1,5 meter pas gw mau foto di bagian kepalanya ikan itu ngamuk gw kaget dan akhirnya kamera slr gw nyemplung ke air...rusak deh huft...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyusss??? kalau gw jadi lo, langsung gw tangkep ikannya, gw goreng hahaha

      Hapus
  23. hai semuanya, jika ada yg butuh pasir silika putih, batu putih, karbon aktif, antrasit bs di klik http://pasirsilikaspesialis.blogspot.com. Dijamin murah.

    BalasHapus
  24. Kak.. aku pnya guppy sm platy.. tp ak bingung banget.. stiap ikannya ud hamil besar kok malah mati ya? Jd sedih banget gak dpetin anak" ikan..

    BalasHapus
  25. pengen punya aquarium (*baru pengen) jenis ikan : Manfish, Guppy, Cardinal Tettra, Red Zebra, Black Ghost, Rainbow, Udang Red Chrystal, Corydoras Sterbai. 1. Kira2 butuh akuarium tipe berapa ya ? 2. klu pake pasir n" tanamanya di lepas dari pot tahan berapa lama ? terimakasih buat story tellingnya :), salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 40 x 20 atau 40 x 30 cm cukup. tentang tanaman,,, tahan lama atau tidaknya tergantung, tergantung pemupukannya, kalau akarnya udah kuat, pupuknya cukup dan ikannya bukan ikan tipe perusak tanaman, biasanya tanamannya tahan lama

      Hapus
  26. Saya punya aquarium gede kak 120x40x40. naaah itu pasir yang dibutuhin kira" berapa bungkus ya kak?
    Trus itu lebih baik pake tanaman hias yang asli atau buatan?
    Ohiyaa klo misalnya bersihin aquarium tapi di aquarium udah ada pasirnya itu harus tetep di bersihin atau ganti airnya aja kak?
    Makasih kak, maaf banyak tanya hehe ceritanya kocaaagg:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau oake pasir malang (yg warna hitam), beli 2 kg cukuplah. enaknya sih tanaman hias asli, soalnya kalau yg buatan teksturnya lebih kasar, ikan yang aktif nanti nabrak-nabrak pohonnya terus bisa jadi kulitnya luka, mendingan tanaman asli aja.
      pasir fusninya untuk nampung kotoran ikan, tetep harus di bersihin dong aquariumnya kalau udah keliatan kusam, buang airnya pelan2 pakai selang plastik yang kecil, ganti airnya 3/4 aja, sisain 1/4 air, terus masukin air bersihnya pelan2 juga biar gak ngerusak tanaman hias dan gak bikin ikannya kaget sama suhu air yang berubah, masukin airnya pakai selang plastik juga (kaya sedotan)

      Hapus
    2. Tapi saya waktu itu beli tanaman hias asli cepet matinya kak jadi busuk gitu... biar buat tahan lama gimana kak?

      Hapus
    3. itu karena kamu gak belai dia dengan kasih sayang,,,ha ha ha lebaaayyyy. seharusnya dikasih pupuk, bilang aja beli pupuk buat tanaman air di akuarium, ada yg di semprot, ada yg cm di tetesin ada juga yg bentuknya kaya tanah

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Ka Sari, makasih ya ka gara gara artikel kaka jadi kepikiran buat beli tankmate akuarium.
    ka mau tanya kalo dosis garam ikan untuk akuarium 50x20x50 itu segimana ya ka?
    waktu pemberiannya bebas apa lebih baik pas ikan lagi gak aktif (malem) .
    ada mini dwarf frog juga ka, aman ga ya?

    terima kasih ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fakhrul... gw gak tau tuh apa sih Tankmate? gw taunya septitank or tanktop hahaha.
      kalau dosis garam untuk akuarium 50x20x50 (gede juga ya??) pokoknya 10% dari volume air, nah air itu kan dari liter sementara berat garam itu kilogram, nah ubah dulu dari liter ke kilo, pusing kan?? hahaha, ya udah kira2 aja, pake hati, kira2 2 sendok makan cukuplah, kaya minum obat ya? tapi jangan tiap hari ya, dua minggu sekali aja, good luck!

      Hapus
  29. Saya mau nanya, kalo pasir bangunan bisa nggak di buat pasir aquarium????

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,,, kalau pasir bangunan, takutnya kandungan mineral dll nya beda, bisa gak ya? saya kurang tau, maaf ya, tidak menjawab pertanyaan

      Hapus
  30. Kalo sepengetahuan ane sih... pasir bangunan gak bagus bang... soalnya bikin airnya kotor...kalo mai sih bisa aja cuma harus di endapin dlu pasirnya sampai airnya bning...pasir bangunan kan ada macem"bang..ada yang dri laut aada jga yang dri peguningan..
    Cmiiwwww...

    BalasHapus
  31. Kalo sepengetahuan ane sih... pasir bangunan gak bagus bang... soalnya bikin airnya kotor...kalo mai sih bisa aja cuma harus di endapin dlu pasirnya sampai airnya bning...pasir bangunan kan ada macem"bang..ada yang dri laut aada jga yang dri peguningan..
    Cmiiwwww...

    BalasHapus
  32. mau bales si ikanb lemon ?? masukin aja lou han :) pasti dibales deh tu lemon

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan donk cinta, ntar tuh lemon jadi sarapannya buat lou han, selesai cerita!

      Hapus
  33. kak, bisa fotoin tampak atas?
    terus filternya itu pake yg kecil ya?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pake filter yg kecil karena akuariumku cuma 20 cm x 30 cm x 20 cm. selain filter... pasir malang kan bisa jadi filter juga, bantu supaya air gak butek gara2 kotoran ikan

      Hapus
  34. Gimana cara bersihin pasir hitam?? Udh gw cuci tp tetep aja butek airnya, makasi infonya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake filter sebetulnya sudah membantu bikin air gak butek. pasir hitam juga sama dg filter yg bisa ngurangin kebutekan air. mungkin ikan kamu kebanyakan dan akuariumnya kekecilan, jadi air cepet butek

      Hapus
    2. Gak nyangka forum kayak gini trnyata lbih seru ya dr pada ndengerin infotaiment..hahaha
      Jadi optimis neh buat mliara ikan hias..hehee.thank's buat share yg msuk..

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. ane baru aja beli aquarium ini ane kasih ikan reddevil, palmas , sama sepatula aligator kira2 pada berantem gak ya btw klo beli tanaman hias harga berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masnya suka ikan yg agak ganas hehehe, cobain aja mas digabung,kalau red devil disatuin dg red devila aja suka berantem, coba mas bagi pengalamannya disini, pada berantem gak? kalau tanaman hias ada kok biasanya di tempat jualan ikan (toko ikan hias)

      Hapus
  37. Saya baru beli ikan koki mutiara 4 ekor koki biasa 1 ekor koki black more 2 ekor koi kumpai 1 ekor ini bisa digabung semua gak dalam satu akuarium ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi koko black lebih rentan dari koki biasa, gampang sakit, asalkan perawatannya ekstra gak masalah disatukan, tapi jangan sampai akuariumnya kecil tapi isi ikannya banyak, disesuaikan aja biar mereka leluasa bergerak melihat ukuran badan mereka yg gendut

      Hapus
  38. mau nanya nih , sy punya ikan koki 1pasang terus digabungin ama ikan sapu2 nah terus udah 2hari ikan koki nya mati gatau kenapa , sy curiga sama sapu2nya terus biarin dulu koki nya ngapung di atas aquariumnya , nah terus si sapu2 ngisep2 kokinya gt kayanya ngisep lendirnya , terus dipisahin sapu2 nya.
    Saya beli lagi ikan mickey mouse 4 , serpae tetra 4 , neon tetra 4 ya ikan kcil2 gt deh , nah pas udh 1minggu saya gabungin ikan sapu2nya ke aquariumnya lagi nah itu bahaya ga ya ? Soalnya takut si sapu2 makan tuh ikan2 baru saya mana lagi ikan2nya kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mas koki ini ikan anak orang kayah hahaha... dia gak bisa disatuin sama yg bukan sebangsanya. soalnya dia agak elit, maunya air bersih, cukup oksigen dll. dia juga butuh perawatan intensif terhadap bakteri karena mudah terserang penyakit. manja kan? yah begitulah, yg cantik dipandang mata butuh perhatian ekstra, dibanding sama sapu2 yg badannya juga warnanya jelek, bisa hidup tanpa makan beberapa hari, bisa hidup sekalipun di Got hahaha.

      gak masalah kalau mickey, tetra digabung sama sapu-sapu, kecuali koki ya, dia satuin sama koki lagi aja

      Hapus
  39. Manfish di gabung dengan mas koki boleh kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian mas kokinya say... mending mas koki satuin sama mas koki lagi, soalnya mas koki itu ibarat orang gedean, airnya harus selalu bersih karena dia gampang kena penyakit

      Hapus
  40. Mbaaaa,mau nanya,aku ada kolam nih,klo ikan lele albino digabung sama koi berantem gak sih?,ukurannya kecil an lele nya (sorry ga nyambung sama artikel diatas)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barantem sih engga. Tapi baiknya klu koi di pisah aja. Lele albino itu maksudnya manfish yg albino ya? Dia kan sifatnya agresif...sementara koi sukanya tenang. Jadi dari pada mengganggu koi. Di pisah aja. Liat aja dulu beberapa hari. Kalau fine fine aja...ya gpp terus di satukan

      Hapus
  41. Mau nanya ajaa koi digabung lele berantem gak,baru 2 hari,takut koi mati 😂

    BalasHapus
  42. mbak, saya punya mas koki black 2e, bala shark 5e, sapu-sapu india 2e, dan komet 6e. saya pingin beli redfin atau manfish digabungin semua oke ga ya tu ?
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. koki sama koki aja mba Putri, yang lainnya bisa disatuin, tapi komet kadang suka digangguin sama redfish/shark, kalau mau disatuin, jumlah kometnya harus lebih banyak dari redfish dan shark

      Hapus
  43. Mbak apa garam ikan d jual di setiap toko ikan???
    Aku cari di malang kok agak susah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... hampir di setiap toko ikan hias jual garam ikan, dia bentuknya lebih besar dr garam dapur, agak kristal seperti gula putih

      Hapus
  44. Mau nanya donk, saringan ikan jatuh ke aquarium lemon ku, ternyata ada yg terperangkap 1, alhasil dia di gigitin sama lemon yg lain . Pas ketahuan, ekor nya tinggal setengah dan udah susah berenang :(( sekarang sih masih hidup, tapi aku pindahin ke aquarium ikan2 pink zebra dll, supaya gak di gigitin terus.. kira2 gimana ya cara nya biar dia bisa kembali sebat lagi? Skrg aku udah 2 jam ngeliatin aquarium takut dia di cium cium atau di ganggu red fin sama sapu sapu.. tolong yg tau kasih info secepatnya ya.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf shay baru buka blog lagi, gimana kondisi ikannya sekarang?

      Hapus
  45. Kak saya mau nanya bagaimana cara ikan mas koki itu nurut sama kita saya punya tiga ekor ikan,satu ikan mutiara duanya lagi ikan mas koki saya sudah merawat hampir 5 bln tpi gak besar besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren... udah 5 bulan. saya miara koi 3 bulan aja pada mati. biar nurut kasih makan, ajak komunikasi, bangun emotional connection haha, ikan juga kan makhluk hidup jadi dia juga bisa ngerasain kalau kita sayang sama dia, aku sih suka aku ajak ngobrol (kadang2), kasih makanan yg dia suka juga bisa bikin dia nurut

      Hapus
  46. Kak,kira kira harga paketan aquarium kecil brp ya?(yg isinya ikan2 kecil)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di toko ikan jatohnya agak mahal, aquarium kecil dihargai sekitar 40-50rb, ikan2nya tergantung, bisa 10 ribu dapet 3, trus tanaman airnya 2500/pohon. jadi sekitar 50ribu per paket tanpa aerator dan filter. saran saya beli sendiri terpisah aja, aquarium beli/pesen di tukang kaca, paling cuma 20rb ukuran 20cm x 15cm x 15cm. trus ikannya ada yg jual 10 ribu dapet 6, malah ada yang 1000/ekor, jadi cuma modal 30rb doang, tapi aerator penting untuk ukan yg butuh aerator, harga aerator termurah Rp.25.000. kalau cupang sih gak perlu pake aerator

      Hapus
  47. Seneng gue baca blog nya elo sampe senyum2 sendiri wkwk, salam kenal aja ya gue alan dari sukabumi #salamngobok

    BalasHapus