foto kepala

Translate

Senin, 02 September 2013

Malam Senin Mira

cerita di bawah ini bukan kisah gw, seriusan ini bukan kisah gw, masa sih gw ngalamin kisah gak elite kaya gini, gak gw banget deh. Berikut ini akan dikisahkan tentang perjodohan Mira oleh keluarganya, yang kebetulan sering berlangsung di malam Senin (kopi darat). Sedikit berbeda dengan "Malam Minggu Miko" yang menceritakan tentang dating-nya dia yang hampir seluruhnya gagal atau berakhir nestapa di malam minggu dengan gadis yang berbeda setiap minggunya, Mira ini lebih dari sekedar cari pacar, tapi benar2 kopi darat untuk di jodohkan. Gak usah lama-lama gw intro disini, langsung aja kita simak kisahnya :

Malam Senin Mira Minggu Ke 2 Bulan Agustus

Jum'at sore mama-nya Mira sms ke Mira : mama minta pulsa... opppsss salah ini mama tetangga yg sms.

mama: "Mir... besok sabtu pulang gak ke Bandung?kalau gak ada urusan penting di Jakarta,pulang ya"
Mira: "Ok deh mah Mira pulang, tapi tadinya mau jalan2 sama temen2 mah ke Kebun Raya Bogor, liat bunga bangke mekar,katanya bau-nya dasyat mah"

Mama: "kamu nyari yg bau-nya dasyat? ke bantar gebang aja, mama yakin baunya lebih parah dari bunga rafflesia itu, udahlah gak usah ke Kebun Raya Bogor kalau cuma pengen cium bau-nya aja"


Mira : "Tapi mah, bunga ini keluarnya cuma di Agustus aja mah, setaun sekali, makannnya daging lagi, keren kan mah, pengen liat gimana caranya dia makan daging, dilumat-lumat gitu apa langsung telan?"

Mama :" Udah gak usah, Agustus taun depan aja dateng lagi, pulang ke Bandung lebih penting, kamu gak akan ketemu cowok ganteng kaya Danu lagi taun depan, buruan pulang, mama tunggu"

Mira : "Danu??? siapa lagi tuh mah? ah pasti mamah mau jodohin  aku lagi ya? cape ah mah, pilihan mama gak ada yg beres semua"

Mama : "Tenang yg ini kualitas tinggi, orangnya super sibuk, jadi dia ada di Bandung cuma sampai Minggu doang, senin udah keluar kota lagi, udah ya.. dateng jangan lupa, pulsa mama udah mau abis nih, kalau kamu lewat counter pulsa, tolong beliin pulsa buat mama, 10 rb aja."

Mira :"*&^%$#"

****Jumat Sore di Jakarta

Mira : "aaahhh males banget nih gw balik keBandung, lagi2 mama mau jodohin gw sama anak temennya"

Gadis :" Ya udah sih bagus, emang waktunya lo kawin, lo nyari sendiri gak dapet2, mending lo ikutin aja deh apa kata nyokap lo, umur lo tuh udah tua"

Mira : "Ye elo dis.. gak usah bawa2 umur kali, kita kan beda dikit doang, elo 26, gw 28, 2 taun mah masih mending dari pada bang toyib 3 taun gak pulang2"

Gadis :"Nah ini nih salah satunya elo gak dapet2 cowok, daya nalar lo lemah banget kaya gajah abis fitnes, udah pulang aja sono, itu bis ntar gak ada lagi yg balik ke Bandung hari ini. Buruan"

Mira :"ya udah deh, tapi anterin gw ke terminal"


****Sesampainya di Bandung


Mira : "Salamualaikum"

Intan : "waalaikum salam... akhirnya datang juga" jawab Intan adik Mira dengan senyum misterius.

Mira " Mama mana? taroin tas teteh nih di kamar, bikinin juga teh manis hangat ya, sekalian masakin air, teteh mau mandi, nih buat kamu"

Intan : "Ok deh"

Sehabis Mira mandi, minum teh, mulailah pembicaran serius pun terlibat diantara keluarga kecil Mira. Rupanya mamanya Mira udah siapin baju baru untuk acara pertemuan Mira dan Danu. Kali ini mamanya yakin gak akan gagal lagi.

Mama : "Mir... mamah mohon deh kali ini kamu jangan bikin masalah, jangan bikin mama malu, jangan gagalin rencana mama, kasian si Danu dateng jauh2 dari Sumbawa cuma buat sempetin ketemu kamu."

Mira : "mama kenapa sih, lebih sering mikirin orang lain ketimbang anaknya sendiri, aku dari Jakarta mah juga nyempetin dateng ke sini untuk ketemu Danu yg anatah berantah itu, aku rela batalin liat bunga bangke untuk liat bunga bangke yg lain, oppps maksud aku untuk liat Danu"

Intan : "Prikitiwwww... cie... cieee... "

Mira : "Apa?? diem aja lo bocah, kapan mah acara ketemunya? besok malem minggu? terus ini bocah nemenin Mira lagi? gak inget mah perjodohan bulan lalu sama Handoko gagal gara2 bawa nih bocah, temen mamah kira Intan ini aku, pantesan aku curiga pas di nikahan itu, kok si intan di foto2 terus, gak taunya dikira intan itu aku, alhasil pas aku diketemuin sama si Handoko dia langsung kena serangan asma pas tau aku ini Mira bukan si Intan yg dia liat foto2nya"

Mama : "itu kan cuma miss komunikasi, mama lupa kasih tau temen mama kalau kamu itu yg gak pake jilbab dan adik kamu yg pake jilbab, kali ini gak gagal lagi deh, selama kamu gak bikin ulah macem2. Danu dateng besok sabtu, tapi kita baru ketemu dia hari Minggunya, mungkin malam"

Duuuhhhh malam lagi, gw paling anti deh ketemu malam, pertama gw tuh kalau udah malem agak rabun senja, jadi cowok seganteng apapun keliatan samar2 di mata gw, ke dua, kalau malam koneksi ke otak gw agak lambat, gak tau kenapa ya, jadi sering gak nyambung, yang ke 3 malem itu waktunya nonton pesbuker hehehe.

Saat yg dinanti pun tiba.
 pukul 5.30 sore.

Mama : Cepet mandi, terus kita  sholat magrib berjamaah, kan sebentar lagi maghrib, terus bantuin mamah nyiapain jamuan makanan, Danu mau datang jam 7an, nih bajunya, kamu pake ini" kata mama sambil memberikan sehelai baju.

Lah ini baju alay banget, apaan nih, ada renda di bawahnya, terus kerut- kerut di bagian pinggang, ditambah bendera Amerika di dada. Again! mama selalu gak punya selera kalau beli baju, beli dimana sih ini gaun. Jelek banget.

Mira :"Idiiiihhh apaan nih, kerut-kerut dan bendera Amerika-nya ini loh mah, gak banget deh, dapet dari mana sih nih baju?"

Mama :" Nyolong di jemuran tetangga, ya engga lah, itu baru beli dari onlen, 3 hari yang lalu pesan, terus besoknya langsung dikirim ke rumah, bagus kan? kata mamah bagus ini, moderen banget, sok coba dulu atuh, mamah kan tadinya pesan yg bendera Indonesia, karena kita teh kudu bangga jadi bangsa Indonesia teh, eh gak tau kenapa dikirimnya bendera Amerika, mamah terus sms komplen ke yg jual, eh yg jual bales sms-nya katanya benderanya abis stok, kan dipake buat 17-an kemarin"

Mira :"*&^%$##"

Santu 6.15 pm selepas sholat maghrib berjamaah

Mira : "Lo dapet bocoran gak, si Danu itu kaya gimana sih? dia kerja apa? terus umurnya berapa? visi dan misi hidupnya apa?"

Intan :"Mamah belom cerita? dia manager, dia lulusan peternakan, nah jadi dia kerja di Sumbawa di peternakan Lebah  di perusahaan yg terkenal itu, umurnya 34, visi dan misi?? teteh nanya visi dan misi, emang penting gitu"

Mira : "weeesss... jangan salah, kita bisa menilai seseorang dari visi dan misi hidupnya, kaya teteh... visinya adalah Hidup makmur dan sejahtera, misinya : mendapatkan orang kaya. tapi ngomong2 emang lebah itu binatang ternak ya? di ternakin gitu? gak kebayang gw ternakin lebah, berapa benjolan di jidat dan kepala ya karena disengat lebah, kita patut mendukung, karena lebah itu binatang langka yg hampir punah, sungguh mulia pekerjaan Danu, teteh terharu jadinya "

Intan : "*&^%$#"

setengah jam kemudian rumah Mira sudah rapi dan bersih, Intan juga sudah cantik dengan kerudung dan gamisnya, mama sudah eksis dengan bolero dan gaun merah kesayangannya, sementara di pojokan terlihat wajah sendu berdiri di depan cermin.

"gw harap bokapnya Danu itu bukan anggotanya Osama Bin Laden, bisa2 gw ditembak di tempat nih pake baju bendera Amerika gini, di dada lagi. Renda2nya juga ganggu banget sih, mau nari balet apa? bener2 mama gak punya selera. Tapi yg lebih gak punya sense of art itu adalah penjahitnya. Gw kutuk nih yg buat baju ini, gaun kok ada benderanya segala. sebel gw jadinya" mira berkata dalam hati sambil manyun-manyun gak jelas

"Miiiiirrrr... udah belom, lama banget, kamu diam dikamar ya, nanti keluar kalau mama panggil, Danu udah dekat rumah kita, dia dateng sama Omnya" jangan keluar sebelum mamah panggil.

Guys.. ini trik mama, berhubung seringnya orang yg mau dijodohin belum ketemu sama mama, sering mereka di pertemuan pertama langsung datang ke rumah, mamah sering wanti2 gw diem di dalem kamar dan keluar kalau dirasa cowok itu pantes ngeliat gw, kaya putri aja gw dikerem. Soalnya pernah kejadian, yg dateng itu kaya hanoman, maaf ya, sumpah ini mamah gw yg bilang kaya hanoman, gw sih gak tau, soalnya gw gak keluar kamar. Pas yg dateng hanoman, mama langsung bilang Mira lagi ikutan lomba balap karung, pas ditanya DALAM RANGKA APA? itu 17-an. SEKARANG KAN JUNI? gak apa2 lombanya dari sekarang, tanda semangat banget menyambut kemerdekaan. KOK TIBA2 BEGINI? KAN SUDAH JANJI MAU KETEMU SAYA? KENAPA GAK SURUH TUNGGU DI RUMAH UNTUK KETEMU SAYA DULU? saya sebagai orang tua, akan mendukung apapun perbuatan anak saya, anak saya itu nasionalisnya besar banget, saya bilang setelah balap karung pulang kerumah, ketemu sama sampean, rupanya dia malah ngelanjutin ikut lomba panjat pinang, mohon maaf ya, namanya juga anak muda jaman sekarang, nanti kita atur lagi jadwal ketemuannya, sampean gak marah kan?

Suara salam terdengar menyapa dari luar rumah, mama mira pun mempersilahkan tamunya masuk dan duduk, mereka langsung berbincang2. Mira nguping dari kamarnya :

"Kalau ini Intan adiknya Mira, ooh jadi nak Danu Ini dulunya kuliah di peternakan IPB? wah bagus dong kerjanya nyambung ya sama jurusannya. Jadi managernya udah 4 tahun, wah keren, susah gak ngurusin lebah? kan kalau di sengat lebah kita harus dapetin lebah yg nyengat kita trus kita makan pantat lebahnya, karena itu penawar racunya, bener kan nak Danu?" mama Mira sok tau banget. Kebayang gak sih disengat lebah, terus kita benjol terus dalam keadaan benjol kita kejar2 tuh lebah, gimana nangkepnya coba, bisa 2 disengat lagi?

"Oh saya tidak mengurusi langsung ternak lebahnya, itu di urus anak buah saya, mengenai pantat lebah saya kurang tau bu apa disitu ada penawarnya. Jawab Danu

"Ngomong2 sudah 1 jam saya disini, gak kerasa ya bu, Miranya dimana ya Bu?" Kata Omnya Danu ditengah2 pembicaraan"



"Oh iya hampir lupa, sebentar ya, Intan... panggilin teteh sana" Intan pun bergegas ke kamar Mira, Mira yg sedari tadi gak sabar pengen ketemu Danu akhirnya siap2 juga keluar dari kamar.

"Gimana orangnya? cakep gak?" tanya Mira kepada Intan

"Liat aja sendiri" jawab Intan

"1-10???" tanya Mira lagi

"liat aja sendiri, cakep kok" jawab Intan. Wajah Mira tambah semangat. Tibalah waktunya menunjukkan diri, Diruang tamu Mira melihat 2 tamu laki-laki dan mamahnya duduk disana, dengan mantap mengulurkan tangan.

"Mira. Ini pasti Danu ya, kalau yg ini pasti om kamu kan? aku bisa nebak loh meski kita belum pernah ketemu sebelumnya" kata Mira sok tau

"Mi..mira...  yg kamu salamin itu Om aku, aku Danu" ujar Danu

"He-eh" ujar Mira malu dan langsung duduk di desebelah mamahnya. di sebelah sana Intan tersenyum mengejek, sambil berbisik dia berkata ,

"Dari dulu sok tau-nya gak pernah ilang, mamam...!!"

Pembicaraan antara Danu dan Mira pun di mulai, Mira mengamati dengan seksama wajah Danu, setiap ngomong hidungnya kembang kempis, rambut kriwelnya goyang2 setiap kali Danu mengangguk atau tertawa. Danu terlihat enjoy banget ngobrol sama Mira, sementara Mira sebaliknya. Mira heran, kok tumben si mamah nyuruh dia keluar, model kaya gini kok mamah suka? pasti ada sesuatu, bener aja.

"Mir... Danu ini baik banget loh orangnya, masa mamah dikasih ini, dia sampai keingetan mamah pas jalan2 di Lombok" ujar mamah sambil menunjukkan gelang mutiara di tangannya, wajah mamah sumringah banget. Mira kesel, oh rupanya disogok mutiara mamah melanggar prinsipnya sendiri.

"Oh iya Mir... ada lagi yg mau ditanyakan? mumpung Danu lagi di Bandung, dia sibuk banget, kemana2 kerjanya. kelihatannya Danu tertarik nih sama Mira, Mira sendiri bagaimana? " tanya omnya Danu

"Anu om.. eh itu kalau misalnya kita jadi nikah, saya gak mau ditinggal2 keluar kota."

"Tenang aja, aku akan bawa selalu kamu, kemanapun aku pergi, aku gak mungkin ninggalin kamu sendirian walau hanya 1 hari"jawab Danu mantap.

aaahhh sialan... dia punya jawaban, gw harus kasih pernyataan yg gak bikin dia sakit hati tapi bikin nyali dia ciut dan akhirnya mengundurkan diri.

"Kamu biasa bergaul sama lebah ya, aku juga, aku kan anak mapala, tiap sebulan sekali aku daki gunung, ceritanya suatu hari kami semua kelaparan, persediaan makanan kami habis, saat itu yg kami lihat hanya ada sarang lebah terus, aku timpuk sarangnya sama sepatu aku, trakkkk jatuh ke bawah sarangnya dan pecah, saat itu gerombolan lebah datang, aku udah siapin raket nyamuk, kamu tau kan di gunung suka banyak nyamuk kalau malam, nah itu juga berfungsi ke lebah, aku taplokin raketnya ke lebah2 itu, teman2 aku ada yg lari ke danau, menceburkan diri, aku sih cuek aja, aku hajar semua lebahnya dengan raket nyamuk, hasilnya mereka semua menggelepar di tanah, aku dekati sarang mereka, disitu ada ratu lebah, aku ambil, rupanya si ratu itu gembrot banget, tubuhnya tambun, saat itu aku benar2 kelaparan, aku cabut kepalanya, aku telan bulat2, nah sekarang tinggal badannya, pasti badannya yg gendut ini isinya madu semua, aku potek jadi dua bagian, terus aku makan, rasanya enaaaaak banget, sarang lebahnya, aku bagi-bagiin ke temen2, dan lebah2 lain yg menggelepar kita bakar jadi sate lebah, enak banget."

Gak tau kenapa cerita kuliner yg diceritakan Mira ke Danu, malah membuat nafsu makannya drop, terlihat beberapa kali Danu menelan ludah sambil menyeringai gak jelas.

"Ibu saya mohon maaf, kepala saya tiba2 pusing, saya harus pulang, nanti kalau saya datang ke Bandung lagi saya akan mampir lagi, saya pamit dulu." ujar Danu seraya narik lengan om-nya

dalam hati Mira dia sorak kegirangan, yessss, suksesss.

"Loh kok kamu senang Mir liat Danu pulang gitu aja, kamu ini selalu bikin kacau, cerita kamu tuh tadi horror banget tau, gimana dia mau jadiin kamu istri kalau kamu kejam begitu sama binatang, ih mamah aja geli denger kamu makan ratu lebah" ujar mamah setelah Danu pergi.

"kalau jodoh gak kemana mah, dia harus bisa terima kenyataan dong mah, kalau mau nikahin aku, harus siap2 nerima kekurangan dan kelebihan aku, kelebihan aku adalah gimana caranya survive di pegunungan, makan apa aja mah, lagi pula cerita tadi boong kok, aku gak sreg mah sama Danu, idungnya kembang kempis kalau ngomong, rambut kruilnya goyang2 kaya boneka goyang yg suka di taro di mobil, aku gak suka mah, dia itu bakalan jadi suamiku seumur hidup, kebayang dong tiap hari aku harus melihat pemandangan seperti itu di depan  muka ku? udah bagus tadi aku gak muntah"

"Ya ampun, kamuuuu itu, emangnya kamu-nya kaya prices shahrini? masalah rambut kruil kan kamu bisa bilang ke dia botakin aja kepalanya, lagian gaji dia besar loh, dia udah dipercaya sama perusahaan, masa depan kamu bakalan terjamin." ujar mama

"Gak mau... aku gak suka, titik" jawab Mira ketus

"Iya sih, sebenarnya mamah juga kurang suka, dia itu rada gimana gitu, agak melambai, mamah suka cowok yg gagah gitu, cuma gimana lagi, mamah gak enak sama mereka, kasian kan datang jauh2 masa gak ketemu kamu?" jawab mamah

"alibi, aku tau kok alasannya, udah lah mah, biarin aja dia pergi. mamah juga gak rugi kan?" jawab Mira sambil melirik mutiara di pergelangan tangan mamanya.

"Iya sih, mamah gak rugi, mamah juga kurang sreg, tapi yg penting mamah punya ini sekarang, buat di pamerin ke temen2 arisan. Udah cowok mah banyak, besok kamu balik  ke Jakarta lagi ya? minggu depan, kamu pulang lagi yah ke Bandung, mamah mau kenalin sama anaknya temen mamah, dia PNS, kali ini pasti kamu gak kecewa. kalau kamu bisa pulangnya hari sabtu ya udah minggu malam senin kita jadwalin ketemuan" jawab mamah sambil belalu.

Intan dan Mira : "again *&^%$#"














Tidak ada komentar:

Posting Komentar