foto kepala

Translate

Kamis, 17 Oktober 2013

NAKSIR DOSEN

    Pernah gak semasa sekolah atau kuliah naksir sama guru atau dosen sendiri? atau simpatik karena cara ngajarnya enak, atau ganteng/cantik, Gw yakin diantara lo semua pasti pernah tuh naksir sama guru/dosen sendiri, kalau guru tetangga kayanya belom tentu kenal. Kalau gw sih seinget gw selama SD, SMP, SMA gak ada deh guru yg gw taksir. Menginjak duduk di bangku kuliah baru deh tuh ada dosen yg gw taksir.
    Namanya Pak Warsito, beliau dosen atau assistant dosen ya? gw lupa, yg gw inget dia asisten Pendidikan Agama Islam (PAI) dan megang matakuliah Dasar-dasar Management (kalau gak salah). Orangnya biasa aja, kalau fisik 1-10, dia 6 deh, postur tubuh gak termasuk tinggi, orang Jawa, kalau ngomong/menjelaskan materi bicaranya slow banget, jarang senyum, tapi sekalinya senyum manis banget, dan yg paling khas dari beliau ini adalah (maaf) kaca mata pantat botol, gw istilahkan begitu soalnya kacamatanya selain modelnya jadul (bulet aja bentuknya), juga tebal seperti pantat botol.
Kok bisa gw naksir dia? Kharisma, karena itu. Beliau beda dari yg lain. Setiap mata kuliahnya kita diharuskan duduk terpisah antara laki-laki dan perempuan (udah kaya di madrasah). Orangnya kalem banget, gak pernah marah sama mahasiswa (seinget gw). Awalnya itu deh yg bikin gw suka sama dia, wih ini dosen cihuy banget, cewek-cowok duduknya disuruh di pisah.

     Setiap pelajaran beliau gw jadi tertarik, merhatiin terus dia, sayang jarang senyum, tampang serius banget, tapi sekalinya senyum, wiiiihhh manis banget. Entah sekarang beliau masih ngajar di IPB atau udah engga. Kali aja nih beliau baca tulisan gw ini, gw cuma mau bilang “Pak… saya dulu sering banget loh merhatiin bapak kalau lagi nerangin, meskipun gak ngerti kadang-kadang sama yg bapak terangin, haha, tapi saya naksir berat sama bapak, saya masih suka keliaran di kampus pak, kalau mau ketemuan boleh kok, di kantin Sapta aja ya Pak, hahah”
      Dosen lainnya yg sempet gw taksir atau favoritin banget itu namanya Pak aduh gw lupa, kok bisa ya? tapi di kepala gw jalas banget senyumnya, orang Jawa juga, yg ini sering senyum, ramah, dan suka bikin ketawa. Bentar… gw inget2 lagi namanya. Beliau ini salah satu tim Ahlinya Pak Beye. Hummm…. siapa ya??? apalah arti sebuah nama, bagi gw wajah, suara, senyumnya udah pasti melekat di otak gw (ngeles). Aduh payah banget gw, padahal baru kemarin. OOohhhhh Mas Har eeehhh Pak Harianto (bener gak tulisannya?). Yang ini sumpah bikin jantung mau copot, tiap kali dia melempar senyum berasa hati gw ketinggalan di bulan sementara otak gw di pluto, sesaat gw cuma bisa bengong. Itu senyum manis banget sih.
Sebetulnya bukan senyumnya yg bikin gw naksir berat beliau. Kharisma, lagi-lagi itu awalnya. Gw inget banget nih gaya beliau ngajar. Pertama kali ngisi kelas, beliau datang lenggang kangkung (kagak bawa apa2, tas, laptop, buku2 seperti umumnya dosen), beliau cuma bawa otak sama pulpen aja dikantongnya. Itu otaknya ngelebihin CPU komputer. Kalau nerangin semunya mulus keluar dari mulutnya yg terorganisir sama otaknya. Canggih banget deh. Emang suka nulis di white board? jarang banget. Tapi sekalinya nulis, yg ditulis rumus ribet yg orang kaya gw dijamin seumur hidup gak akan bisa nulis rumus itu tanpa liat buku.
       Cara ngajarnya juga simple, beliau paling sering ngomong “ngak usah mikir yg ribet-ribet, yg mudah2 saja“. Satu hal yg gw inget banget dari beliau itu adalah kisah hidupnya semasa kuliah dulu. Gw ceritain ya. Beliau ini lahir dari keluarga yg biasa saja, sama seperti gw, tapi karena tekad yg kuat, beliau kuliah di IPB, saat itu kost di daerah Cisarua, sementara kampus di Darmaga, jauh gila kan? 4 kali naik angkot kalau sekarang. Untuk dateng kuliah ke kampus maka ada biaya yang dikeluarkan, anggap saja 2ribu untuk ongkos pulang dan pergi. Beliau akan menimbang-nimbang, apakah kuliah hari ini penting untuk dihadiri atau tidak, jika penting maka beliau akan datang (masuk kuliah), artinya jatah 2ribu (1 kali makan misalnya) harus hilang karena dipakai ongkos. Jika materi kuliah hari ini dirasa cukup dipelajari di rumah (gak usah ke kampus) maka beliau gak masuk kuliah, dan artinya jatah makannya gak hilang. Karena di masa-nya dulu kehadiran tidak menjadi soal, Termasuk rambut mau panjang juga gak apa-apa, baju mau pake kaos oblong juga gak apa-apa, atau pakai sendal juga gak apa-apa, yang penting ujian lulus.
      Dari situ gw mikir, bapak ini prihatin ya, tapi justru yg seperti ini bisa sukses, salut deh, udah gitu pinter lagi. Orangnya rendah hati banget, percis pribahasa padi kalau makin berisi makin merunduk, beliau biar banyak ilmu tapi rendah hati. Low profile, down to earth kalau kata Syahrini. Kalau udah ketawa senyumnya manis banget. Setiap akhir penjalasan beliau selalu bilang “ya, jadi begitu…
     Ya, jadi begitu penjelasan gw tentang dosen-dosen yang gw taksir dulu. Di akhir pertemuan kuliah dengan Mas Har eh Pak Har, ada teman yg mengusulkan beliau foto bareng dengan anak-anak sekelas, beliau tidak keberatan. Dan lo tau guys, gw udah ancang-ancang pokoknya ambil posisi disebelahnya, kalau kepercayaan orang kampung di pengajian duduk itu sebelah Ustad, biar kecipratan berkahnya, ketularan ilmunya. Berhubung kalau kuliah beliau berdiri di depan dan kita duduk menghadap beliau, jadi gak bisa lah deket-deket, nah moment foto bareng ini gak boleh terlewatkan, kalau Selena Gomez sempet bikin geger dengan kicauannya “Be jealous bitch” karena dia berhasil macarin cowok populer yg digandrungi para wanita sejagad raya (tentunya tidak termasuk gw), maka kali ini gw cuma mau bilang “be jealous cewek-cewek” hahaha, gw upload nih sekalian fotonya, biar tambah ngiriiiiii hahaha

Pak Harianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar