foto kepala

Translate

Sabtu, 26 Januari 2013

Jajanan Yummy di Bogor

Ladies... kalau denger kata "Bogor" kata apa yg langsung keingetan?? HUJAN... TALES.... PUNCAK .... ASINAN .... KULINER...
          Kesempatan kali ini gw gak akan ngebahas masalah hujan karena gw bukan pawang hujan, tales juga males gw bahas, asinan? ke laut aja klu mau yg asin2. Hummm Puncak??? okelah, tempat yg satu ini gak ada habisnya dibicarakan. Tapi bukan yg berkonotasi negatif ya, gw akan bahas PUNCAK kenikmatan yg ada di PUNCAK. Bingung kan??? Maksudnya adalah salah satu kuliner favorit gw ada di kawasan Puncak. Sesuai dengan Judul yang gw tulis, pada kesempatan ini gw akan ngebahas kuliner yang gw suka, kebetulan tempatnya di Bogor. Tapi gak banyak, cuma 3 jenis aja yg mau gw bagi disini (alesan,,,padahal mang cuma itu yg gw tau). Yang lainnya gw bahas pada kesempatan berikutnya (penting gitu???haha).

1. Nasi Kabsa Laham
        Ini nasi gw kira nasi goreng, ternyata engga. Nasi ini masaknya direbus beserta bumbu-bumbu yg sebagian diimpor langsung dari Timur Tengah, direbus sampe airnya kering, setelah  itu dihidangkan dengan daging kambing (laham). Warna nasi kuning kecoklatan. Nasinya juga beda sama nasi Indonesia yg bantet dan gendut. Nasi Kabsa Laham ini pake nasi yg namanya "Basmati". Nasi ini kayanya sering fitnes jadi size-nya panjang dan ramping.

Kabsa Laham
Kabsa Laham


        Gw suka banget Kabsa Laham, selain rasanya gurih juga soft banget, gak ketebelan sama bumbu. Nasi ini bisa ditemui di Restoran yang bernama "Sindbad". Ada di Jalan Raya Puncak tapi gw lupa Kilometer berapa, pokonya setelah lewatin Cimory, lewatin Safari, terus masih ke atas lagi. Nengok aja terus ke  kanan, karena restoran ini ada di sebelah kanan kalau dari arah Bogor (ampe pegel deh tuh kepala nengok terus), nah kalau gunungnya udah jelas banget artinya tuh restoran udah deket. Pas pertama kali gw dateng ke restoran ini, seporsi Kabsa Laham bisa buat berdua, banyak banget, jadi dagingnya dikubur sama nasi, tuh nasi bentuknya jadi kaya gunung. Sampe kenyang banget makan ini (mungkin porsinya orang Arab kali ya?). Dan yang special dari Kabsa Laham ini dagingnya empuk banget, katanya pake daging anak kambing. Beda banget sama kambing yg pernah gw makan (gw gak suka daging kambing karena bau dan rasanya aneh banget), daging Laham ini gak tau kenapa gak ada bau dan rasanya enak kaya daging sapi. Pertama kali gw kira daging sapi, ternyata kambing. Harganya di Sindbad relatif murah untuk porsi sebanyak itu, Rp.60.000/porsi.

2. Pita Bread
      Roti yang satu ini beda sama Roti Maryam, Kalau Pita Bread ukurannya biasanya lebih kecil dan teksturnya lembut banget di mulut, mungkin khamir (ragi) atau baking sodanya lebih banyak, jadi roti lebih ngembang dan soft. Sdangkan Roti Maryam ukurannya lebih besar dan agak keras. Pita Bread yang ada di Sindbad rasanya tawar, enak dimakan bersama Hummus. Hummus itu kalau di kita (Indonesia) bilang sambal kacang, tapi kacang di humus ini pake kacang Arab yang ditumbuk halus trus dikasih olive oil (Zaitun). Gw biasa pake olive oil buat bersihin makeup. Tapi tenang,,,olive oil yg di Hummus ini bukan olive oil buat makeup. Harga Pita Bread ini di Sindbad Rp.15.000 dapet 3 roti, sedangkan Hummusnya sepiring kecil Rp.30.000 lumayan mahal.

3. Sup Buah
       Jenis makanan berikutnya yang gw suka dan paling sering gw cari adalah sup buah. Ada beberapa tempat yg jual sup buah yg enak di Bogor Trade Mall (BTM) deket Kebun Raya Bogor, di lantai food center percis di depan pintu yg mau keluar balkon. Harganya disana Rp.12.000 / mangkuk gelas. Tapi ngapain jauh-jauh kesana, kalo temen-temen maen ke Dramaga, mampir aja ke Kampus IPB Dramaga, cari warung makan namanya "Raos 2" deket Telkom. Nah disitu jual sup buah dengan isi yg komplit (ada mangga, melon, strawberry, agar2, rumput laut, selasih, jambu, dll) dengan rasa yg lumayan enak dan harga bersaing alias murah gila, setengah harga dari BTM (Rp. 6.000).

          Segitu dulu aja ya teman's. Mudah-mudahan yang aku tulis ini ada hikmahnya. Buru-buru deh sama pacar atau keluarga berburu ke-3 makanan di atas yg telah dijelaskan. Mohon maaf kalau nanti pas di coba ternyata teman-teman kurang suka karena selera orang beda-beda. Anyway... tungguin ya tulisanku selanjutnya. Thanks for reading ^.^

3 komentar:

  1. Hmmmm...Yummy bangett deh....jadi kangen bogor + Kangen ma Sari ...hehehehe .... (Secaraaa, kita pernah satu guru en satu Ilmu) .... Hendrie ;p

    BalasHapus